Blog SiMotor

Biaya konversi motor listrik dipastikan akan menjadi bahan pertimbangan bagi masyarakat yang mau menukarkan motor BBM miliknya dengan motor listrik baru. Hal tersebut dikarenakan banyak komponen motor bensin atau BBM yang harus diganti.

Pergantian sparepart dan komponen tersebut tentu untuk menyesuaikan dengan motor listrik. Keunggulan dari konversi ini adalah kita bebas menentukan setting, seperti jarak maksimal maupun kecepatan maksimal. Jadi, konversi motor listrik bisa menjadi pilihan terbaik jika kalian menginginkan spesifikasi terbaik untuk penggunaan motor sehari-hari.

Lalu, berapa kisaran harga yang harus kita keluarkan jika ingin mengikuti program ini? Simak penjelasan detailnya di bawah ini.

Biaya Konversi Motor Listrik

Gempuran besar-besaran dari produsen motor listrik membuat pilihan motor jenis ini menjadi sangat beragam, bahkan di setiap segmentasi harganya.

Pemerintah memang benar-benar ingin menyukseskan program konversi kendaraan BBM ke listrik. Salah satu cara selain memberikan subsidi adalah dengan menyediakan program konversi lewat bengkel-bengkel resmi.

Namun, program konversi ini memerlukan biaya yang cukup besar untuk merubah komponen motor bensin menjadi motor listrik. Harganya pun setara dengan sebuah motor baru, yakni sekitar Rp 14 juta sampai Rp 15 juta dan maksimalnya Rp 17 juta. Inilah mengapa kalian harus berpikir ulang untuk mengonversi kendaraan. Harga motor listrik baru saja rata-rata di bawah Rp 10 juta. Namun, memang secara spesifikasi memiliki keterbatasan, misal dari segi kecepatan dan jarak maksimal.

Untungnya, program subsidi motor listrik masih bisa kalian manfaatkan untuk mengurangi biaya konversi. Selain untuk pembelian motor baru, subsidi juga diberikan sebagai keringanan biaya konversi. Jadi, jika biaya konversi kalian Rp 15 juta, maka total biaya yang akan kalian keluarkan sebesar Rp 15 juta dikurangi Rp 7 juta. Namun, sayangnya subsidi baru bisa kalian dapatkan setelah pengajuan. Jadi, di awal kalian tetap harus membryar sejumlah biaya untuk nilai konversi. Lalu, setelah dikurangi subsidi, maka biaya yang harus kalian keluarkan menjadi sebesar Rp 8 juta saja.

Bagaimana? Tertarik untuk mencoba mengubah motor bensin kalian ke motor listrik? Pastikan bahwa bengkel yang kalian datangi adalah bengkel resmi. Jika tidak, kalian tidak bisa mengajukan subsidi.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *