Blog SiMotor

Beberapa jenis kunci ganda motor memiliki karakteristik berbeda menyesuaiakan dengan harganya. Maraknya maling motor sampai dengan begal membuat kita harus lebih waspada dengan meningkatkan keamaan motor.

Salah satu langkah yang bisa kita ambil adalah dengan memberikan kunci ganda. Cara ini terbilang cukup efektif untuk menggagalkan aksi maling motor. Dari banyaknya jenis dan model kunci ganda, ada beberapa yang paling banyak digunakan. Secara harga pun ketiga model ini masih sangat terjangkau.

Berikut penjelasan lengkapnya terkait jenis kunci ganda yang bisa kita jadikan referensi untuk melindungi motor kita terhadap aksi maling motor.

Jenis dan Harga Kunci Ganda Motor

Banyak sekali jenis gembok atau kunci ganda yang beredar di pasaran. Harganya pun relative tergantung dari fitur yang dipakai. Namun, ada 3 jenis kunci ganda yang sangat direkomendasikan.

Grip Lock

Kunci ganda ini menjadi paling lazim digunakan sebagai upaya melindungi motor, karena bisa dibawa kemana saja. Penggunaannya terbilang cukup mudah. Cara kerjanya adalah dengan mengunci tuas gas dan handle rem motor, sehingga motor tidak bisa digunakan jika tidak membuka kunci grip lock.

Dalam satu paket grip lock kamu bisa mendapatkan beberapa karet yang bisa disesuaikan dengan jenis grip gas motor. Untuk diameter grip sekitar 27 mm sampai 38 mm. Sedangkan, kisaran harganya mulai dari Rp 50.000 sampai ratusan ribu. Jelas ini tergolong murah untuk anti maling motor.

Gembok Motor

Jika grip lock merupakan versi modern, maka gembok adalah versi konvensional dari kunci ganda. Biasanya jenis gembok dipakai untuk mengunci pintu teralis maupun gerbang. Ada dua gembok motor yang sering digunakan, seperti gembok pelek dan gembok rantai.

Gembok pelek lebih cocok digunakan saat di rumah, karena bentuknya agak besar. Secara harga memang lebih mahal dari grip lock yakni sekitar Rp 200.000 sampai Rp 300.000. Namun, harga tersebut masih belum seberapa jika dibandingkan dengan gembok rantai Cryptonite New York Fahgettaboudit 1415. Dibandingkan dengan gembok lain, gembok rantai ini diklaim lebih efektif. Harganya pun mencapai Rp 2 juta, tapi dijamin keamanannya.

Kunci Cakram

Sesuai namanya, kunci cakram digunakan untuk mengunci cakram motor. Bentuk kunci ini menyerupai huruf U atau D dan memiliki dimensi atau ukuran yang besar. Untuk penggunaannya bukan hanya sekadar kunci standar, tapi juga anti maling.

Secara harga kunci cakram dinilai lebih ekonomi, karena hanya berkisar Rp 90.000 sampai Rp 150.000. Namun, dengan harga yang relative murah ini kalian bisa mempunyai perlindungan ekstra pada motor kalian. Bagaimana menurutmu?


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *