Blog SiMotor

Rangka patah Yamaha sekarang jadi berita yang cukup populer di media sosial. Namun, mungkin belum menyamai rangka esaf Honda yang bahkan jadi headine.

Banyak yang menuding bahwa berita rangka patah Yamaha adalah sebuah buzzer yang dibuat oleh pesaingnya. Hal tersebut berasal dari kebanyakan video rangka Yamaha yang patah terlihat dibuat-buat. Salah satu video yang berasal dari Tiktok yang diambil dari akun @podcastnews.id memperlihatkan pemilik motor Yamaha Mio yang berprofesi sebagai driver online mengalami rangka patah.

Namun, banyak komentar di video tersebut justru menilai bahwa motor yang patah adalah karena pemakaian wajar. Umur motor diperkirakan sudah mencapai 10 tahun. Justru mereka berpendapat bahwa Yamaha masih lebih baik ketimbang Honda.

Sayangnya, respons tersebut berbanding terbalik dengan Mahasiswa Lintas Nusantara. Menurut Salinan surat izin dari Mahasiswa Lintas Nusantara yang dikirim ke Polres Jakarta Timur, ratusan mahasiswa berencana melakukan aksi demo atau unjuk rasa yang berlokasi di depan kantor PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Jakarta Timur.

Mahasiswa Lintas Nusantara menyorot pada kekhawatiran konsumen terhadap bahaya rangka patah yang bisa terjadi kapan saja.

“Tak hanya Honda yang disebut berkarat dan ada sebuah bercak kuning di bagian rangka, hal demikian juga terjadi pada rangka motor Yamaha, miris konsumen pun dihadapkan kekhawatiran akan bahaya patah rangka yang bisa terjadi kapan saja,” tulis dari perwakilan Mahasiswa Lintas Nusantara, Saif Bahri.

Saif juga meminta pihak berwenang untuk memberikan sanski tegas kepada YIMM, karena dianggap lalai untuk memberikan keamanan terhadap motor yang mereka produksi.

Bakan, para mahasiswa juga menyerukan boikot terhadap produk Yamaha. Hal tersebut lantaran bahwa Yamaha dituding selalu bermasalah serta memiliki rekan jejak yang buruk. Sayangnya, sampai saat ini pihak YIMM belum memberikan keterangan atau tanggapan apapun mengenai hal tersebut. Sementara, pihak mahasiswa tidak menyebut motor Yamaha apa yang dituding bermasalah.

Menurut video yang beredar di sosial media, motor seperti Yamaha Mio, N-max dan Fazio yang paling banyak mengalami masalah. Namun, dalam video tersebut masih belum bisa dibenarkan, karena sebagian besar bukan menunjuk pada rangka, melainkan arm.

Jadi, perlu ada investigasi yang menyeluruh untuk dapat memastikan penyebab rangka Yamaha yang patah. Bagaimana menurutmu?


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *