Blog SiMotor

MotoGP India yang diselenggarakan Minggu, 24 September 2023 kemarin menuai hasil yang di luar dugaan. Selain itu, banyak hal yang menjadi sorotan dalam penyelenggaraan MotoGP di Buddh International Circuit ini.

Dimulai dari terlambatnya visa banyak tim dan beberapa pembalap yang menyebabkan terhambatnya mereka untuk masuk ke India, termasuk Marc Marquez. Ada juga yang mengkhawatirkan virus Nipah yang tengah berkembang di India sekarang. Bahkan, kabarnya virus ini lebih mematikan ketimbang Covid-19.

Bukan hanya itu, masalah penginapan dan akomodasi juga tak luput dari sorotan. Bos Moto 3, Peter Ottl juga menilai bahwa biaya menginap di hotel tergolong sangat mahal. Apalagi, akomodasi atau ongkos di India mencapai nilai Rp 100 juta.

Sementara, masalah logistik dan keamanan pun menambah catatan buruk penyelenggaraan MotoGP di India untuk pertama kalinya ini. Truk pengangkut logistik yang jadul membuat kekhawatiran. Sebab, truk-truk tersebut membawa peralatan dan perlengkapan MotoGP yang nilanya fantastis. Tidak etis jika hanya menggunakan truk terbuka dan hanya mengandalkan tali pengikat saja.

Namun, terlepas dari catatan penyelenggaraan MotoGP tersebut, hasil MotoGP tetap memuaskan untuk beberapa pihak. Berikut hasil dari MotoGP India kemarin.

Hasil MotoGP Buddh International Circuit

Dalam duel balapan yang menegangkan, akhirnya Marco Bezzecchi keluar sebagai juara dengan mengalahkan Jorge Martin, Minggu 24 Sepetember 2023

Memulai balapan dari posisi pole nyatanya tak membuat Bezzecchi mudah keluar dari tekanan yang diberikan oleh Jorge Martin dan Francesco Bagnaia. Bahkan, ia nyaris saja disalip oleh Francesco Bagnaia pada lap keempat. Untungnya, Bezzecchi mampu mempertahankan posisinya dan memimpin balapan.

Sementara lain, di belakang Bezzecchi terjadi duel sengit antara dua pembalap Ducati, Martin dan Bagnaia. Martin hampir saja kehilangan posisi keduanya, karena Bagnaia sempat menyalip di lap 13. Sayangnya, hal itu tidak berlangsung lama, karena Martin mampu merebut kembali posisinya di nomor kedua. Saat lap 14, Bagnaian mengalami crash hingga tak mampu melanjutkan balapan.

Kesempatan yang tidak disia-siakan oleh Quartararo yang mengajak duel Martin. Pada lap terakhir, Quartararo bahkan sempat menyalip Martin. Namun, Martin tak  mudah menyerahkan posisinya dan berusaha kuat untuk tetap di posisi 2.

Pada hasil akhir, Bezzecchi keluar sebagai posisi pertama, diikuit Martin dan Quartararo. Sementara Marc Marquez harus puas finish di posisi ke 10. Pembalap Honda ini menyinggung soal crash yang ia alami. Namun, hasil ini juga termasuk angin segar bagi Honda.

Dengan ini, kini kedudukan kedua pembalap Ducati, yakni Bagnaia dan Martin kukuh di posisi puncak klasemen. Bagaimana menurutmu?


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *