Blog SiMotor

Jadwal MotoGP 2023 berikutnya setelah Sirkuit Motegi Jepang adalah Sirkuit Mandalika. Ini menjadi hal yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat Indonesia, karena gelaran MotoGP akhirnya bisa diselenggarakan di Mandalika lagi.

Setelah Indonesia, masih ada 5 sirkuit lagi yang akan mendapatkan giliran, termasuk Sepang Malaysia. Sisa beberapa race inilah yang akan menjadi penentu juara dunia MotoGP 2023 ini. Semua kemungkinan bisa terjadi, apalagi persaingan klasemen juga masih ketat. Bisa saja Marc Marquez mampu merebut podium tertinggi hingga akhir musim dan Pecco Bagnaia masih bisa tersalip oleh pembalap-pembalap lain, seperti Jorge Martin dan Marco Bezzecchi.

Berikut informasi lengkapnya mengenai jadwal gelaran MotoGP dari awal hingga akhir musim.

Jadwal MotoGP 2023

MotoGP 2023 memiliki seri terbanyak sepanjang Sejarah, yakni 20 seri. Terdapat dua balapan yang digelar, yakni sprint race dan main race yang masing-masing pada hari Sabtu dan Minggu. Ada 3 tes pramusim, 2 tes tengah musim dan 20 jadwal pertandingan.

Selain itu, terdapat setidaknya 38 tim yang terdaftar dan masing-masing memiliki 1 sampai 2 pembalap. Sirkuit Algarve, Portimao menjadi sirkuit pembuka gelaran MotoGP 2023, tepatnya pada 26 Maret lalu. Sampai saat ini sudah 14 pertandingan yang digelar di sirkuit berbeda.

WaktuTempat
26 MaretPortugal – Algarve, Portimao
2 AprilArgentina – Termas de Rio Hondo
16 AprilAmerika Serikat – Circuit of The Americas
30 AprilSpanyol – Jerez
14 MeiPrancis – Le Mans
11 JuniItalia – Mugello
18 JuniJerman – Sachsenring
25 JuniBelanda – Assen
6 AgustusInggris – Silverstone
20 AgustusAustria – Red Bull Ring
3 SeptemberCatalunya – Barcelona-Catalunya
10 SeptemberSan Marino – Misano
24 SeptemberIndia – Buddh
1 OktoberJepang – Motegi
16 OktoberIndonesia – Mandalika
22 OktoberAustralia – Phillip Island
29 Oktober29 Oktober
12 NovemberMalaysia – Sepang
19 NovemberQatar – Lusail 
26 NovemberValencia – Ricardo Tormo

Melihat daftar tersebut, jadwal selanjutnya adalah Sirkuit Mandalika yang berlangsung pada tanggal 16 Oktober 2023. Sebagai Sirkuit baru, Mandalika memang masih memiliki catatan kecil. Namun, secara keseluruhan penyelenggaraan MotoGP di sini sebelumnya bisa dikatakan sukses.

Untuk bisa menikmati pertandingan MotoGP Mandalika, panitia sudah menyediakan tiket yang bisa kamu beli di website resminya.   


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *