Blog SiMotor

Tahun 2023 akan berakhir hanya dalam hitungan hari. Sepanjang tahun 2023 skuter matik masih mendominasi penjualan di Indonesia. Tercatat dari Januari hingga Desember 2023 ada sejumlah skuter matik yang diluncurkan oleh perusahaan otomotif. Mari kita kilas balik deretan skutik yang meluncur di sepanjang tahun ini!

  1. Grand Filano

Yamaha Grand Filano resmi diluncurkan pada 17 Januari 2023 yang merupakan produk kedua di kelas Classy Yamaha. Secara tampilan, harga, serta fitur masih berada di atas Fazzio. Grand Filano meluncurkan 2 varian dengan Neo punya warna glossy dan Lux Connected dengan warna matte. Skutik Lux Connected ini dibandrol dengan harga Rp 27.5 juta dan Neo di harga Rp 27 juta.

Yamaha Grand Filano Hybrid Connected mempunyai fitur modern. Seluruh pencahayaan menggunakan teknologi LED, memiliki TFT Sub Display, digital speedometer berwarna, Odometer, Fuel Consumption, serta Power Assist Indicator. Motor ini memiliki animasi seperti welcome and goodbye message, Y-Connect, serta Electric Power Socket, dan Smart Key System (keyless) yang dilengkapi dengan fitur Answer Bback System dan lampu Hazard.

Motor ini memiliki bagasi sebesar 27 liter dan diberikan lampu LED di dalamnya. Spacious Front Pocket, Convenience Hook Carabiner, dan Smart Front Refuel. Motor ini dibekali enjin dengan kubikasi 125 cc, 4-tak, SOHC, 2-katup, 1-silinder, pendingin udara, da berpangabut injeksi Blue Core. Rancangan mesin ini mampu memproduksi tenaga maksimal hingga 8.2 Hp di 6.500 rpm dan torsi puncak 10.4 Nm di 5.000 rpm.

Teknologi mesinnya dilengkapi dengan sistem One Push Start, cepat menyala dengan satu sentuhan serta Stop & Start System yang berfungsi mematikan mesin secara otomotif lebih dari 3 detik. Pilihan warna tersedia untuk Lux White Pearl dan Lux Matte Blue, untuk Neo ada Neo Dull Blue, Neo Red, Neo Beige, dan Neo Black.

  1. Suzuki Burgman Street 125 EX

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) roda 2 resmi meluncurkan lini motor matik Burgman Street 125 EX di pameran Indonesia Motorcycles Show (IMOS) 2023. Motor ini hasil impor utuh dari India alias CBU (Completely Built Up) dan hanya tersedia satu varian saja dengan harga Rp 24.7 juta OTR Jakarta.

Burgman Street 125 EX mengadopsi gaya urban dengan garis bodi mewah dan dinamis. Bodyworknya atletis, kemewahan di bagian depan diwujudkan dengan headlight yang dipasang rendah. Lampu utama yang besar sudah berteknologi LED serta DRL, lampu sein dirancang terpisah dan atasnya terdapat windscreen smoke dan dibaliknya ada panel instrument digital, sementara bagian stangnya dibungkus cover.

Burgman Street 125 EX dibekali dengan mesin berkubikasi 125 cc, 1-silinder, 4-tak, SOHC, pendingin udara, dan berpengabut Injecion Suzuki Eco Performance Alpha yang mampu menghasilkan tenaga maksimal 8.4 Hp pada 6.500 rp. dan torsi puncak 10 Nm pada puntiran 5.000 rpm.

Kapasitas bagasi sebesar 21.5 liter yang bisa menyimpan barang hingga 10 kg dan tangki BBM sebesar 5.5 liter dan bisa menempuh jarak hingga 289 km. Efisiensi BBM diperoleh berkat penyematan fitur Engine Auto Start Stop yang secara otomatis mematikan mesin ketika keadaan berhenti atau idle. Suzuki menanam peranti Silent Starter System yang berfungsi untuk memberikan suara senyap saat motor dinyalakan.

Di deck depan ada storage yang cukup dalam di sebelah kanan untuk menaruh botol minum atau barang kecil. Di sisi kiri ada laci dan disediakan socket USB 2A. Di bagian tengahnya dan bagian ujung jok depan ada gantungan untuk menggantung barang lebih banyak.

Burgman Street 125 EX dibekali panel meter digital yang memiliki ragam informasi penting serta terdapar Eco Drive Indicator, Engine Temperature, dan indikator voltase aki. Yang bikin menarik dari Burgman Street 125 EX adanya kick starter yang sudah ngga ada di skutik kekinian. 

  1. Vespa GTV 300

PT Piaggio Indonesia resmi meluncurkan Vespa GTV 300 menggantikan versi Sei Giorni II. Motor ini dijual Rp 176 juta OTR Jakarta dan hanya ada satu pilihan warna, yaitu Baige Sabbia. 

Model terbaru dirancang eksklusif untuk pengguna yang sporty dan penuh gaya tetap dengan performa mumpuni. Vespa GTV tetap memiliki sentuhan Vespone (high-performance Vespa) dengan sentuhan modern nan canggih ala Vespa kekinian. Ciri khas dari Vespa ini mengusung gaya ‘Faro Basso’ (lights down) atau lampu utama menempel di sepatbor depan.

Detail lain yang memberikan vibes ‘Vespone’ ada di top fairing di bagian stang, aksen dari dengan lubang tambahan, desai pelek dinamis, model jok ala single seater, serta aksen black doff pada lis bodi, behel pegangan penumpang, framp headlamp dan stoplamp, footstep penumpang, cover knalpot, frame panel instrumen, dan kaca spion.

Lampu utama, lampu sein, dan stoplamp pada Vespa GTV sudah full LED. Vespa GTV juga memiliki panel meter full digital dengan desain speedometer berbentuk bulat agar terlihat klasik dan dapat dikoneksikan dengan teknologi konektivitas MIA.

Vespa GTV 300 didukung dengan teknologi keyless plus remote untuk mendukung fungsi Bike Finder, Open Saddle, dan Anti-theft Immobilizer. Terdapat juga Anti-lock Braking System 2-channel, Tilt-Sensor, Anti-dive System, Anti Slip Regulation (ASR)/Traction Control, Vespa MIA Connectivity System untuk melihat berbagai notifikasi seperti panggilan, pesan, dan musik.

Terdapat Start and Stop System dan USB Port yang ada di kompartemen penyimpanan di bagian pelindung kaki depan, serta kompartemen di bawah jok yang luas dilengkapi dengan tatakan.

Vespa GTV 300 memiliki mesi 287 cc HPE (High Performance Engine), 4-tak, 1-silinder, 4-katup, pendingin cairan, dan berpengabut injeksi. Vespa GTV 300 mampu menghasilkan tenaga 17.5 kW atau 23.4 Hp pada 8.250 rpm dan torsi puncak 26 Nm pada 5,.250 rpm.

  1. Scomadi

Scomadi resmi diluncurkan di Indonesia pada gelaran IMOS+ 2023. Brand baru asal Inggris ini mengusung segmen skuter retro. Pada pameran IMOS+, Scomadi membawa beberapa model seperti Technica 200, Turismo Technica 200i, Technica 200i Adventure, Technica 200i Urban, Turismo Technica 200w, Turismo Technica 200w ‘The Who’.

Banyak masyarakat yang menyangka bahwa skuter ini produk dari Lambretta, terlebih di bagian sepatbor depan yang lurus saat setang di belokkan dan bodi belakangnya. Namun pendiri Scomadi, Frank Sanderson sudah mematenkan hak cipta kalau produk ini tidak sama dengan Lambretta.

Semua unit Scomadi merupakan rakitan dari Thailan dan terlah terjual di berbagai negara seperti Inggris dan Jepang. Motor ini memiliki tampilan yang kental dengan vibes suktik retro Inggris dengan bodi full pelat besi. Desai joknya dibuat sporty dipadu behel memanjang yang bisa dipakai untuk membawa barang.

Motor Scomadi di Indonesia ada 5 varian dengan dua pilihan mesin, yaitu mesin paling ganas Turismo Technica 200w yang memakai mesin 181.1 cc dengan konstruksi kepala silinder DOHC 4 klep radiator, sedangkan varian lainnya memakai mesin 171.1 cc SOHC 2 klep berpendingin udara.

Varian Technica 200i tanpa embel-embel Turismo memiliki bodi samping terbuka, terdiri dari Technica 200i reguler, Technica 200i Adventure dengan ban kembangan kasar, serta Technica 200i Urban dengan beberapa aksesoris foglamp dan tas ransel eksklusif berbahan kulit.

Motor ini memiliki panjang 1.810 mm, lebar 670 mm, dan tinggi 1.130 mm. Panjang wheelbasenya 1.375 mm dengan berat total 132 kg. Technica 200i Urban mampu menopang berat sampai 330 kg. Kapasitas tangki bensi mencapai 11 liter.

Itu dia skutik yang sudah meluncur di aspalan Indonesia. Mana skutik yang sudah ada di rumahmu, sobat motor?


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *