Blog SiMotor

Maraknya aksi pencurian motor bikin pabrikan otomotif roda dua di Indonesia menyediakan solusi keamanan seperti fitur pengaman ‘anti maling’ yang ditawarkan ke masyarakat. Fitur anti maling sudah lama digunakan pada mobil dan sekarang fitur ini diaplikasikan pada motor.

Dengan kondisi motor yang lebih aman seperti adanya fitur anti maling, sobat motor bisa meninggalkan tanpa khawatir dan bisa bersenang-senang untuk merayakan tahun baru.

Immobilizer merupakan fitur keamanan pada motor yang mengandalkan cip sebagai pemutus sinyal sehingga mesin motor ngga akan bisa dihidupkan tanpa adanya remote di dekatnya.

Saat ini sudah banyak motor yang menggunakan sistem immobilizer seperti Vario yang 150 cc tahun 2018 ke atas. Motor tersebut sudah menggunakan keyless pakai immobilizer

Keyless di sini berbeda dengan keyless pada mobil. Pada motor, keyless artinya tanpa anak kunci untuk menghidupkan mesin. Immobilizer tidak hanya sekedar alarm karena fungsinya lebih dari sekedar memunculkan tanda bahaya ketika terjadi pencurian tapi membatasi akses pencuri untuk bisa menyalakan mesin.

Hal ini karena sistem keamanan immobilizer lebih paten antara remote dengan cip yang dipasangkan. Jika motor ngga mampu mendeteksi remote yang sesuai maka mesin ngga akan bisa nyala. Motor yang sudah dibekali fitur tersebut cenderung lebih aman dari pencurian karena sistem keamanannya sudah melebihi dari teknologi yang ada di mobil.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *