Blog SiMotor

Musim hujan tiba, buat sobat motor yang menggunakan motor listrik, mau ngga mau harus mencuci motor listriknya apalagi kalau habis menerjang banjir. Sudah dipastikan harus mencuci motor listriknya, ngga mau kan motor listriknya terlihat gembel karena kotor kena genangan air lumpur? 

Tapi, mencuci motor listrik ngga bisa sembarangan seperti mencuci motor konvensional. Ada beberapa part motor listrik yang ngga boleh kena air karena bertegangan tinggi dan rentan terhadap air.

Sebenarnya motor listrik tetap bisa dicuci baik cuci sendiri ataupun di steam motor, cuma perlu perhatikan beberapa hal, yaitu:

  1. Matikan Saklar Miniature Circuit Breaker (MCB)

MCB berfungsi sebagai sistem di dalam instalasi listrik untuk pemutus dan penyambung arus listrik antara bateai dengan perangkat listrik lain di motor. Jangan sampai terkena air karena bisa korsleting.

  1. Pastikan Cover Tertutup Rapat

Pastikan kalau cover atau penutup baterai, jok, dan soket charger tertutup rapat.

  1. Berikan Jarak Saat Penyemprotan Air

Kalau cuci di steam dengan menggunakan penyemprotan air bertekanan tinggi, berikan jarak minimal 60 cm hinggal 1 meter untuk menghindari potensi air masuk ke bagian baterai motor yang ada di bawah bagasi. Disarankan menggunakan penyemprotan air bertekanan rendah.

  1. Menggunakan Sampo Khusus Cuci Kendaraan

Untuk urusan sabun yang digunakan untuk mencuci motor listrik disarankan untuk menggunakan sabun/sampo khusus untuk mencuci kendaraan.

Semua bagian motor listrik aman untuk dibersihkan hingga ke bagian kolong-kolongnya. Motor listrik juga aman digunakan untuk menerjang banjir, asalkan air ngga masuk ke ruang baterai dan jangan terlalu sering digunakan untuk menerjang banjir.

Jadi, tetap perhatikan cara kamu mencuci motor listrik kesayangan kamu yah, sobat motor biar motor listrik tetap awet dan tahan lama.


1 Comment

Beritaviral · January 10, 2024 at 1:35 pm

. I really like it, and I look forward to hearing from you next. Thank you for the information about the most popular viral news this year. For more detailed information, please visit our website for further information Viralfirstnews 2024

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *