Blog SiMotor

bahan bakar

Bahan bakar untuk setiap kendaraan pasti berbeda, tergantung dari jenis mesin kendaraan tersebut. Maka dari itu, pemilik kendaraan, baik mobil ataupun motor harus tau jenis mesin yang digunakan. Pemakaian bahan bakar yang sesuai akan membuat performa kendaraan meningkat.

Jenis-Janis Bahan Bakar Kendaraan

Premium

Premium memiliki warna yang kuning jernih karena adanya zat pewarna tambahan. Bahan bakar premium memang paling umum dipakai masyarakat, baik untuk motor atau mobil karena harganya yang lebih terjangkau dan sering mendapat subsidi dari pemerintah.

Kendaraan yang cocok menggunakan premium adalah kendaraan yang diproduksi di bawah tahun 2000-an. Namun, penggunaan premium sudah dihapus oleh pemerintah Indonesia.

Pertamax

Pertamax menjadi salah satu pilihan bagi masyarakat setelah dihapusnya bahan bakar premium dari pengedaran. Bahan bakar ini diproduksi oleh Pertamina dan termasuk dalam kategori BBM level tinggi dengan warnanya yang biru.

Angka oktan dari pertamax mencapai 92, bahan bakar ini direkomendasikan untuk kendaraan dengan teknologi Electronic Fuel Injection, karena hasil pembakarannya tidak meninggalkan residu. Selain itu, Pertamax diformulasikan dengan teknologi PERTATEC, yang memiliki fungsi untuk membersihkan sisa endapan kotoran dalam mesin supaya mesin lebih awet pemakaiannya.

Harga Pertamax: Rp 12.950/liter (Pulau Jawa dan Bali)

Pertalite

Setelah dihapuskan Premium dari peredaran, masyarakat Indonesia banyak beralih ke Pertalite karena harganya yang lebih terjangkau dibanding dengan Pertamax. Premium memiliki angka oktan sebesar 90.

Pertalite memiliki warna hijau terang dan diluncurkan pertama kali di Indonesia pada 2015 silam. Dengan harga yang terjangkau tetapi memiliki kualitas yang lebih baik dibanding Premium 

Pertalite cocok digunakan pada kendaraan, baik motor ataupun mobil yang diproduksi sekitar tahun 2000-an ke atas.

Harga Pertalite: Rp 10.000

Pertamina Dex

Pertamina Dex merupakan bahan bakar yang digunakan untuk kendaraan dengan mesin diesel yang sudah menggunakan standar EURO 3 sehingga aman digunakan untuk lingkungan.

Dengan Pertamina Dex, proses pembakaran pada kendaraan dinilai jauh lebih sempurna dan menghasilkan suara mesin yang halus serta bertenaga. Kandungan sulfurnya tergolong rendah yang membuat kondisi mesin menjadi awet dan tangguh. 

Pertamina Dex direkomendasikan untuk kendaraan yang menggunakan teknologi common rail, seperti Toyota Fortuner, Suzuki Ertiga, Mitsubishi, Truk, dan Bus.

Harga Pertamina Dex: Rp 15.100

Dexlite

Dexlite lebih bersih dibanding dengan Pertamina Dex, dimana gas buangan dari penggunaan bahan bakar Dexlite cenderung tidak menimbulkan polusi karena kandungan sulfurnya lebih kecil.

Angka cetane-nya sangat tinggi, yakni mencapai 51. Artinya pembakaran mesinnya lebih baik serta pemakaiannya menjadi tidak boros. Harganya yang terjangkau dan penggunaannya cocok untuk kendaraan diesel sehari hari. 

Jenis mobil diesel yang bisa menggunakan Dexlite seperti Toyota Innova, Pajero Sport non-VGT, dan Nissan Frontier.

Harga Dexlite: Rp 14.550

Solar

Solar memiliki ciri khas berwarna kuning. Bahan bakar solar sangat tepat digunakan untuk kendaraan bertipe diesel yang menggunakan electronic injection dan injection pump. Performa cetane-nya termasuk tinggi, mencapai 45 hingga 48 dengan kandungan sulfurnya sekitar 2500 ppm.

Solar paling dianjurkan untuk kendaraan yang mengutamakan kekuatan, seperti truk dan bus. Namun, solar kurang cocok digunakan untuk kendaraan mobil dan motor.

Harga Bio Solar: Rp 6.800

Pertamax Turbo

Pertamax Turbo memiliki angka oktan sebesar 98 dengan kadar sulfur rendah, sehingga tidak merusak kualitas udara. Selain itu, memiliki Teknologi Ecosave dimana bahan bakar ini bisa melindungi kendaraan, membersihkan kendaraan dari endapan dan memberikan tenaga yang besar pada kendaraan.

Selain itu, Pertamax Turbo juga memiliki Teknologi Ignition Boost Formula untuk meningkatkan kecepatan kendaraan dan menyempurnakan proses pembakaran, sehingga bahan bakar ini cocok untuk kendaraan dengan mesin yang berteknologi tinggi yang memiliki kompresi tinggi.

Harga Pertamax Turbo: Rp 14.400

Baca juga: 7 Kendaraan Prioritas di Jalan Menurut UU No. 22 Tahun 2009


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *