Blog SiMotor

Knalpot brong masih jadi incaran pihak kepolisian untuk dirazia, baik pengguna hingga produsen knalpot brong itu sendiri. Menurut ketua Pengusaha Knalpot Seluruh Indonesia (AKSI) mengatakan bahwa definisi knalpot brong yang digunakan polisi rancu, sehingga membingungkan pengusaha dan konsumen.

Jika yang dimaksud knalpot brong adalah knalpot racing, maka berbeda dengan knalpot aftermarket karena spesifikasi keduanya tidak sama. Menurut ketua AKSI, knalpot aftermarket yang ada di pasaran saat ini sudah memenuhi aturan ambang batas Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Nomor 56 Tahun 2019.

Menurut Undang-Undang No. 22 Tahun 2009 Pasal 48 ayat 3b dan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Nomor 56 Tahun 2019.

Jenis KendaraanKapasitas MesinAmbang Batas Kebisingan
Sepeda Motor≥ 80 cc77
80 ≥ 175 cc80
> 175 cc83

Untuk knalpot racing bisa dipasang di motor sport 250 cc ke atas hingga skuter matik. Sejumlah pengendara yang memakai knalpot racing merasa lebih gagah dan keren. Selain itu, suara bising yang dihasilkan menambah adrenalin ketika memacu motor di jalan raya.

Perbedaan Knalpot Racing dengan Standar

Banyak pengendara motor yang mengganti bagian knalpotnya. Sebagian memilih untuk mengganti knalpot motornya menjadi knalpot racing karena suaranya yang bising dan mengganggu orang lain. Ada perbedaan lain pada knalpot versi standar dengan versi racing. Berikut perbedaannya:

Struktur Knalpot

Knalpot standar menggunakan tabung sebagai jalur untuk mengalirkan gas sisa pembakaran pada mesin, disebut dengan partition. Partition berfungsi untuk memecah suara agar tidak bising.

Knalpot racing tidak menggunakan tabung atau partition. Knalpot racing menggunakan header berbahan galvanis atau pipa biasa langsung hingga ke belakang tanpa tabung. Maka dari itu suara knalpot racing terdengar lebih nyaring.

Knalpot standar juga dilengkapi dengan komponen glasswool yang berfungsi untuk membuat suara knalpot lebih halus lagi. Sedangkan knalpot racing tidak menggunakan glasswool, karena tujuan menggunakan knalpot racing untuk mendapatkan suara yang lebih nyaring ketika motor digas.

Ukuran Knalpot

Knalpot standar telah dirancang dan dibuat dengan ukuran standar sesuai dengan kebutuhan motor. Ukuran dibuat dengan mempertimbangkan kenyamanan dan performa, termasuk meminimalisir gas sisa pembakaran dan suara bising.

Ukuran pada knalpot racing berpengaruh pada suara dan performa. Diameter header hingga pipa galvanis atau pipa biasa yang digunakan diukur sedemikian rupa untuk bisa menghasilkan suara yang enak tanpa mengurangi performanya.

Bahan Bakar Motor

Kapasitas bahan bakar pada knalpot standar diperhitungkan dengan tepat. Bahan bakar berfungsi untuk proses pembakaran ketika mesin motor dinyalakan sehingga motor bisa berjalan. Proses ini menghasilkan gas sisa pembakaran yang dikeluarkan lewat knalpot.

Penggunaan knalpot racing membuat bahan bakar menjadi lebih hemat karena modifikasinya dibuat dengan mensetting ulang sistem pengapian. Bila penggunaan dengan kecepatan wajar, kendaraan akan lebih irit, namun bila digas secara tiba-tiba akan memicu naiknya pembakaran sehingga bahan bakar menjadi lebih boros.

Performa Motor

Knalpot standar, sisa gas buang banyak disaring sehingga menimbulkan tekanan balik pada mesin knalpot. Tekanan balik ini berpengaruh pada performa mesin motor menjadi kurang maksimal.

Knalpot racing tidak memiliki penyaring gas sisa pembakaran. Gas dibuang begitu saja sehingga tidak menimbulkan tekanan balik pada mesin. Hal ini membuat performa mesin motor terasa lebih baik. 

Risiko Pencemaran Udara

Pada knalpot standar telah dilengkapi dengan penetralisir gas buang mesin atau katalitik konverter. Komponen ini membuat knalpot menjadi lebih ramah lingkungan dengan tidak menimbulkan banyak polusi udara. 

Pada knalpot racing tidak dilengkapi dengan katalitik konverter. Hal ini membuat gas buang mengandung racun tidak tersaring dan ternetralisir sehingga berdampak pada pencemaran udara. 

Harga

Knalpot standar memiliki harga standar yang kisarannya hampir sama dengan kualitas yang sama. Sedangkan knalpot racing memiliki harga yang berbeda-beda tergantung dengan kualitas knalpot. Semakin mahal harga knalpot racing, maka semakin tinggi kualitas yang didapatkan. 

Baca juga: Alasan polisi merazia knalpot brong


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *