Blog SiMotor

Mudik Gratis Lebaran 2024 yang dijalankan oleh Kementerian Perhubungan bersama Direktorat Jenderal Perhubungan Darat telah menyiapkan 722 unit bus. Dengan kuota 30.088 penumpang yang terdiri dari 24.368 orang untuk arus mudik dan 5.760 orang untuk arus balik.

Direktorat Jenderal Perhubungan Darat juga menyediakan 30 unit truk dengan 900 kuota untuk pengangkutan motor secara gratis. Disediakan kuota 450 unit untuk arus mudik dengan 15 truk dan 450 unit untuk arus balik dengan 15 truk juga. 

Pendaftaran Mudik Gratis Lebaran 2024 dibuka mulai 6 Maret sampai 3 April 2024, atau jika kuota telah habis. Pendaftaran bisa dilakukan melalui aplikasi MitraDarat dengan cara mengunduh melalui Appstore atau Playstore.

Tujuan mudik dan balik totalnya mencapai 33 kota yang tersebar di Provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan, dan Sumatera. 

Untuk Jawa Barat meliputi Garut, Tasikmalaya, dan Cirebon. Untuk Provinsi Jawa Tengah – Yogyakarta meliputi Solo, Tegal, Pekalongan, Semarang, Demak, Jepara, Pati, Blora, Boyolali, Klaten, Wonogiri, Purwokerto, Cilacap, Wonosobo, Kebumen, Magelang, Wonosari, Sragen, dan Yogyakarta.

Provinsi Jawa Timur meliputi Madiun, Surabaya, Tuban, Malang, dan Tulungagung. Selanjutnya di Kalimantan ada Banjarmasin dan Pangkalan Bun. Dan terakhir di wilayah Sumatera terdiri dari Lampung, Palembang, Bengkulu, dan Padang.

Untuk kota asal arus balik terdapat di wilayah Solo, Cirebon, Madiun, Surabaya, Semarang, Purwokerto, Wonogiri, Yogyakarta, dan Palembang. Sedangkan untuk lokasi tujuan mudik dan balik pengangkutan motor sebanyak Solo, Semarang, Purwokerto, Wonogiri, dan Yogyakarta.

Penyerahan motor untuk kegiatan arus mudik dilaksanakan pada 4 April 2024 di Terminal Tipe A Pondok Cabe Tangerang Selatan dan akan diberangkatkan pada 5 April 2024. Sedangkan untuk penumpang akan diberangkatkan via enam terminal, yakni Pulogebang Jakarta, Pondok Cabe Tangerang Selatan, dan Jatijajar Depok pada 6 April 2024.

Untuk terminal Kampung Rambutan Jakarta, Poris Plawad Tangerang, dan A.A Gara Kalimantan Tengah akan dilakukan pada 7 April 2024. 

Baca juga: Ini penyebab terminal bus sepi penumpang


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *