Blog SiMotor

Filter oli motor menjadi salah satu komponen sepeda motor yang turut menjaga performa dan durabilitas mesin. Oli merupakan pelumas yang dibutuhkan oleh mesin kendaraan. Fungsi utamanya untuk melumasi semua bagian-bagian mesin.

Macam-Macam Fungsi Filter Oli

Menyaring kotoran pada oli mesin

Fungsi utamanya untuk menyaring segala macam kotoran dari oli. Oli mesin yang digunakan terus menerus akan mudah terkontaminasi dengan kotoran. Karena digunakan secara berulang maka kualitas oli pun akan menurun dengan adanya kontaminan seperti karbon, gram besi, atau kotoran lainnya. 

Dengan adanya filter oli, kontaminan akan terpisah dan oli yang digunakan untuk melumasi bagian mesin akan bekerja dengan lebih optimal.

Perawatan komponen dalam mesin

Komponen ini berfungsi sebagai alat yang merawat komponen lainnya karena menyaring oli dengan kontaminan. Sehingga semua kotoran yang ada pada oli tidak akan masuk ke dalam mesin. Hal ini membantu kamu merawat komponen mesin kendaraan.

Melancarkan suplai oli

Pendistribusian oli mesin pada kendaraan menyala harus tetap terjaga. Performa kendaraan akan sangat terganggu ketika suplai oli mengalami masalah dan tidak maksimal dalam melumasi mesin. Mesin kendaraan akan cepat aus karena gesekan yang terlalu berlebihan.

Baca juga: Cara Ganti Oli Motor di Rumah

Cara Merawat

  1. Membersihkannya minimal satu bulan sekali
  2. Mengganti oli dengan rutin
  3. Mengganti filter oli secara rutin

Kapan waktu yang tepat untuk menggantinya?

  1. Saat pergantian 2 kali oli mesin
  2. Menyesuaikan kilometer kendaraan pada 1.000 km pertama dan 2.000 km untuk penggantian selanjutnya

Dampak Jika Dibiarkan Kotor

Jika filter oli kotor dibiarkan, aliran oli menjadi tidak lancar karena kotoran terus bercampur dan bersirkulasi ke seluruh komponen kerja. Jika diabaikan maka secara perlahan mesin bisa mengeluarkan suara kasar akibat sirkulasi oli yang terganggu sehingga daya lumas oli tidak maksimal. 

Selain itu, efek lainnya bisa membuat mesin motor mudah overheat atau mati mendadak akibat jalur oli tersumbat kotoran. Meskipun oli rutin diganti, membiarkan tetap memakai filter yang kotor bisa membuat piston dan blok silinder baret, sehingga bisa membuat mesin ngebul.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *