Blog SiMotor

Mudik lebaran sebentar lagi. Meninggalkan motor dalam waktu yang lama tentu membuat khawatir. Selain keamanan, motor yang ditinggalkan selama seminggu atau lebih bisa membuat aki soak dan cepat rusak.

Pada umumnya, motor yang ditinggalkan dalam waktu yang lama akan memiliki masalah seperti susah di starter karena tidak pernah dinyalakan, korosi, pelumas kering, penggumpalan bahan bakar, dan lainnya. Karena itu penting untuk melakukan perawatan yang tepat sebelum meninggalkan motor saat mudik lebaran

Tips Meninggalkan Motor Saat Mudik Lebaran

Berikut tips yang bisa dilakukan:

Taruh di lokasi yang aman

Sebelum ditinggal mudik, pastikan motor kamu diletakkan di lokasi yang aman, misalnya di dalam rumah. Jangan taruh motor di garasi yang terlihat dari luar karena bisa memancing oknum yang tidak bertanggung jawab alias kemalingan.

Lepas aki motor

Motor yang ditinggal lebih dari seminggu bisa menimbulkan masalah pada bagian kelistrikannya, apalagi kalau jarang dipanasi. Aki yang terus dipasang di motor tanpa dipanasi dapat menurunkan performanya seperti sulit distarter.

Pastikan tangki bensin kosong

Saat meninggalkan motor untuk mudik dalam waktu yang lama sebaiknya kosongkan tangki bensin. Karena bahan bakar yang penuh tapi tidak digunakan bisa berpeluang basi, selain itu juga mencegah kebakaran. Pengosongan bensin pada tangki juga sebagai tindakan pencegahan terhadap pencurian karena cenderung susah dilakukan.

Baca juga: Mau Mudik Pakai Motor Listrik? Begini Tips Amannya

Kunci stang motor dan tambahkan pengaman ganda

Pencurian kendaraan saat ditinggal mudik lebaran sering terjadi. Oleh karena itu, pemilik kendaraan yang meninggalkan kendaraannya harus mengunci stang motor dan menggunakan pengaman tambahan. Hal ini untuk mengantisipasi adanya kemalingan saat kendaraan ditinggal lama.

Gunakan standar tengah

Saat motor kamu akan ditinggal mudik lebaran, jangan lupa untuk menggunakan standar tengah untuk menghindari ambruknya motor kamu.

Mengganti oli mesin

Gantilah oli yang lama dengan oli yang baru karena di dalam oli yang lama sudah banyak kotoran yang mungkin mengendap dan membuat karat. Penggantian oli mesin dengan tujuan agar motor lebih mudah dihidupkan saat akan digunakan kembali. 

Alasi ban dengan karpet

Pastikan ban tidak bersentuhan langsung dengan lantai atau ubin. Oleh karena itu lapisi lantai dengan karpet, karena ban yang sering terkena lantai yang dingin akan mudah kempes. Ini mengurangi panjang umur ban motor. Selain itu, untuk kamu yang menggunakan cairan anti bocor sebaiknya posisikan pentil ban ada di bagian atas agar cairan tidak menggumpal di pentil ban.

Bersihkan dan tutupi motor dengan alas

Membersihkan motor sebelum ditinggal mudik penting untuk dilakukan. Hal ini untuk menghindari karat dan debu di motor kamu. Jangan lupa untuk gunakan tudung khusus untuk motor atau bisa menggunakan terpal. 

Titipkan ke orang terpercaya

Kamu bisa menitipkan motor kamu ke orang yang terpercaya seperti kerabat atau tempat penitipan motor yang kredibel. Jika dititipkan pada orang terpercaya, nantinya kamu bisa meminta tolong ke orang tersebut untuk memanasi motor minimal 2 hari sekali.

Sekian tips untuk meninggalkan motor kamu buat mudik lebaran. Hati-hati saat perjalanan dan pastikan semuanya aman dan nyaman yah sobat motor!


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *