Blog SiMotor

Honda BeAt disebut sering menjadi incaran maling untuk dicuri. Ini bikin penasaran, kenapa motor ini jadi incaran dan jadi favorit para maling. Honda adalah merk motor yang sangat sukses dan populer di Indonesia.

Fakta menyebutkan bahwa lebih dari 3 juta unit Honda BeAt terjual setiap tahunnya di Indonesia. Dengan banyaknya penjualan Honda Beat memberikan peluang yang lebih besar bagi pencuri untuk menemukan target yang mudah. 

Alasan Honda BeAt jadi motor favorit sejuta umat

Honda BeAt merupakan salah satu motor matic paling laku dan menjadi idaman sejuta umat meskipun menjadi produk motor matic terlawas di Indonesia. Berikut jawaban kenapa Honda BeAt masih jadi motor sejuta umat.

Harga murah

Ini alasan pertama dan paling atas kenapa Honda BeAt masih menjadi motor matic favorit sejuta umat. Dengan harga 16 jutaan, motor ini sudah bisa nangkring di halaman rumah. Dari dulu Honda memang tidak terlalu menaikkan harga motor ini dengan range tinggi meskipun saat ini sudah dilengkapi dengan spesifikasi dan fitur yang kian canggih. 

Dimensi dan bobot yang ringan

Dengan dimensi 1.877 x 669 x 1.074 mm serta berat hanya 89 kg (CBS) dan 90 kg (CBS-ISS) membuat motor Honda satu ini ramah bagi semua kalangan.

Irit bensin

Alasan ketiga kenapa Honda BeAt menjadi motor matic sejuta umat karena motor ini sangat irit bensin dan ramah di kantong. Dengan kapasitas tangki bensin sebesar 4.2 liter membuat pemiliknya hanya menghabiskan uang tidak sampai 50 ribu rupiah untuk pengisian full jenis Pertalite.

Baca juga: Tidak Hanya Diderek, Parkir Liar Bikin Didenda Sampai 24 Juta!

Alasan Honda BeAt jadi motor favorit maling

Harga jual masih tinggi

Motor ini nilai jualnya masih cukup tinggi meskipun motor tersebut palsu di jalanan. Hal ini memberikan pendapatan yang lumayan bagi para pencuri.

Suku cadang dan aksesori banyak dicari

Ketersediaan suku cadang dan aksesori membuat para pencuri merencanakan untuk membongkar motor hasil curian. Suku cadang dan aksesori tersebut akan dijual secara terpisah untuk mendapatkan keuntungan lebih banyak.

Kelemahan sistem keamanan 

Motor ini masih menggunakan kunci konvensional atau “plug key” sebagai sistem  keamanan, sehingga rentan dan mudah ditembus oleh para pencuri yang berpengalaman.

Tindakan pencegahan dan keamanan

Biar motor kamu aman tidak diambil maling, kamu bisa lakukan tindakan pencegahan, diantaranya:

  1. Tambahan pengamanan

Pertimbangan untuk memasang sistem pengamanan tambahan seperti alarm motor atau GPS tracker.

  1. Gunakan sistem keamanan modern

Pertimbangkan untuk mengupgrade sistem pengamanan motor dengan teknologi modern seperti Radio Frequency Identification (RFID) atau ultrasonic. Keamanan ini mempersulit maling untuk membobolnya.

  1. Perhatikan parkiran

Pilih tempat parkir yang aman dan terang. Hindari meninggalkan motor di tempat terbuka yang sepi karena bisa mengundang maling untuk mencuri.

  1. Kunci ganda

Selalu gunakan kunci ganda dimanapun motor terparkir. Lebih baik mencegah kejahatan daripada kehilangan motor akibat dicuri.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *