Blog SiMotor

Knalpot motor nembak saat lepas gas merupakan salah satu permasalahan motor yang harus diperhatikan. Pada kondisi ini, knalpot akan mengeluarkan suara seperti tembakan atau meledak-ledak pada saat lepas gas. Knalpot motor yang nembak saat gas dilepas akan mengganggu kenyamanan pengendara lain lantaran pembuangan knalpot tak beraturan.

Knalpot kendaraan memiliki beberapa fungsi, di antaranya sebagai saluran pembuangan pembakaran, membantu menambahkan tenaga, mengurangi polusi udara, meredam suara ruang bakar, hingga menjadi bagian aksesoris kendaraan. 

Baca juga: Alasan Motor Baru Harus Inreyen, Kamu Tim Pro Atau Kontra?

Penyebab knalpot motor meledak-ledak dan nembak

Dilansir situs detikoto, ada beberapa hal yang menyebabkan knalpot motor mengeluarkan suara tembakan atau meledak-ledak. Berikut penjelasannya:

Busi bermasalah

Faktor yang pertama bisa disebabkan oleh masalah pada busi. Busi berfungsi untuk memantik api dalam proses pembakaran. Kalau busi tidak berfungsi secara optimal, hal ini dapat menimbulkan berbagai masalah. Salah satunya knalpot motor yang meledak-ledak saat digas karena busi tidak berfungsi secara maksimal akibat busi yang berkerak atau kotor. 

Tutup choke yang terbuka

Penyebab lainnya karena tutup choke yang terbuka. Hal ini menyebabkan aliran bensin yang masuk ke ruang bakar cukup banyak, alhasil proses pembakaran tidak sempurna. Dampaknya baru terasa saat menarik tuas gas dan akan muncul bunyi seperti letupan seolah-olah knalpot motor meledak. Jika dibiarkan terus menerus maka akan membuat performa motor menurun hingga mogok di jalan.

Karburator aus

Karburator yang aus bisa jadi penyebab timbulnya suara meledak dari knalpot motor. Kondisi ini dipengaruhi oleh kemampuan buka tutup klep pada bagian karburator yang berbahan karet. Karena terbuat dari karet, komponen tersebut mengeras jika terlalu lama bersentuhan dengan bahan bakar. Perlahan karet akan menjadi aus dan tidak bisa digunakan. Solusinya dengan mengganti komponen yang baru.

Saluran udara mengalami kendala

Faktor selanjutnya dikarenakan saluran udara ke mesin yang mengalami kendala. Sebab, udara sangat dibutuhkan dalam proses pembakaran. Apabila kapasitas udara yang masuk tidak sesuai, tentu dapat mempengaruhi hasil pembakarannya. Hal ini dapat diketahui lewat suara ledakan yang terjadi di RPM rendah. Solusinya dengan membersihkan secara rutin bagian karburator dan sekitarnya.

Knalpot motor bocor

Penyebab lainnya yang bikin knalpot meledak-ledak adalah knalpot yang sudah bocor. Kamu disarankan untuk segera memperbaiki knalpot motor ke bengkel terdekat.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *