Blog SiMotor

Seiring perkembangan zaman kini jual ataupun beli motor bekas bisa dilakukan secara online. Namun, tentu ada rasa khawatir terkait transaksi apalagi dengan jumlah yang besar. Modus penipuan yang semakin marak menjadi pertimbangan mengapa masih banyak dari kita yang enggan membeli motor lewat online.

Bukan hanya dari segi pembeli, segi penjual pun ada rasa khawatir untuk melakukan transaksi secara online. Namun, di satu sisi ternyata banyak juga motor bekas yang dijual secara online lewat aplikasi. Pembelinya pun terbilang ramai seakan mengabaikan risiko bertransaksi online.

Bukannya mereka tidak peduli risikonya, tapi ada cara untuk menghindari penipuan atau hal-hal yang tidak diinginkan. Salah satu cara yang bisa dipilih adalah dengan sistem pembelian COD (Cash On Delivey). Metode pembayaran ini pembeli bisa membayar jika barang yang mereka pesan sudah sampai. Jika terjadi ketidakcocokan, maka mereka bisa melakukan return.

Nah, metode COD ini juga paling disarankan dalam aplikasi jual-beli motor, SiMotor. Calon pembeli harus melihat langsung motor yang ingin mereka beli secara langsung sebelum melakukan pembayaran. Lalu, selain COD adakah tips aman lainnya sebelum beli motor bekas secara online?

1. Memilih Aplikasi Online Terpercaya

Kini tidak perlu repot-repot lagi untuk mencari aplikasi jual-beli motor bekas, karena sudah banyak aplikasi yang menyediakan jasa semacam E-Commerce. Namun, pilihlah aplikasi yang memang terpercaya seperti SiMotor. Cara menghindari penipuan salah satunya dengan memilih aplikasi legal dan terpercaya.

Diunduh lebih dari seratus ribu pengguna, SiMotor menjadi aplikasi jual-beli motor bekas yang recommended. Prosesnya tergolong cepat, tapi harus perhatikan tips-tips untuk menghindari penipuan. Jadi, jangan takut untuk mengunduh aplikasi SiMotor di ponsel Android kalian. Lewat artikel ini kami memberikan edukasi sekaligus informasi cara bertransaksi yang aman di aplikasi SiMotor.

2. Mencari Informasi Mengenai Harga Pasar Motor

Hal pertama yang harus kita lakukan adalah mencari informasi mengenai harga pasar motor bekas. Bursa motor baru dan bekas selalu memiliki harga pasar dimana harga tersebut menjadi patokan saat hendak membeli atau menjualnya. Lakukan survei harga baik secara online maupun offline agar kita bisa mendapatkan harga yang cocok.

Selain Media Sosial, kita bisa mendapatkan informasi terkait harga pasar motor di aplikasi SiMotor. Tentu terlebih dahulu harus mengunduh aplikasinya di Google Play Store. Seperti setali tiga uang, bukan hanya mendapatkan informasi mengenai harga pasar motor, tapi kita juga bisa membeli motor lewat aplikasi ini. Menguntungkan bukan?

3. Memilih Motor Terbaik

Setelah mengunduh aplikasi SiMotor kita bisa langsung mencari motor yang ingin kita beli. Tenang saja, banyak sekali jenis motor di SiMotor yang bisa kalian pilih, ada motor matic, motor sport, motor bebek sampai motor listrik.

Selain di iklan baris, kita juga bisa mengikuti tawar bersama. Namun, untuk tawar bersama ini kita harus mendaftar terlebih dahulu. Setelah disetujui, maka kita bisa langsung mengikuti tawar bersama motor impian yang kita inginkan.

4. Periksa Kondisi Motor

Jika kita sudah menemukan motor yang cocok, pastikan kondisi motor dengan memeriksa informasi tentang kelengkapan motor. Selain berpatokan dengan harga pasar motor, kita juga harus menyesuaikan dengan kondisinya. Motor bekas berumur 5 tahun tentu berbeda dengan yang masih berumur 3 tahun, kecuali jika memang perawatan motor tergolong baik sehingga performa mesinnya dijamin masih mulus meski sudah 5 tahun dipakai.

Meskipun sudah membaca semua informasinya, kita tetap harus memastikan kondisinya seratus persen dengan mendatangani penjualnya langsung atau menentukan tempat pertemuan. Melihat kondisi motor secara langsung akan memperjelas apa kekurangan motor yang akan kita beli.

5. Kelengkapan surat

Hal yang boleh terlewatkan selanjutnya dalam membeli motor secara online adalah memeriksa kelengkapan surat disamping kondisi motor. Pastikan bahwa surat-surat seperti STNK dan BPKB harus lengkap sesuai dengan nama pemilik, agar tidak dikira motor curian.

Tanyakan pada penjual terkait kelengkapan surat sebelum memutuskan untuk membeli. Selamat


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *