Blog SiMotor

Memasuki tahun 2023 rencananya akan banyak motor listrik yang akan diproduksi. Pabrikan motor Jepang, seperti Honda, Yamaha dan Kawasaki sudah menyiapkan motor listrik andalan untuk menghiasi tahun 2023 ini.

Mereka siap bersaing dengan motor-motor listrik yang lebih dulu keluar dari tahun 2022. Bahkan, Honda sendiri kabarnya sudah menyiapkan 10 model motor listrik yang siap meluncur. Tak ingin kalah, Kawasaki dengan spesialisasi motor besarnya juga akan mengeluarkan motor listrik versi Ninja. Hal ini tentu menjadi kabar gembira bagi para pecinta otomotif, karena pilihan motor listrik akan semakin beragam.

Apalagi, dari Pemerintah sepakat untuk memberikan subsidi hingga 6,5 juta untuk setiap pembelian motor listrik. Namun, tidak semua motor listrik yang bisa memperoleh subsidi ini. Hanya beberapa merek motor listrik saja yang masuk ke dalam daftar subsidi, khususnya asal Indonesia.

Meskipun begitu, Yamaha dan Honda masih memiliki daya tarik yang kuat untuk menjadi pilihan masyarakat Indonesia. Inilah deretan motor listrik yang akan launching di tahun 2023.

Daftar Motor Listrik yang Launching Tahun 2023

Pada event IMOS kemarin Yamaha telah memperkenalkan motor listrik Yamaha E-01 yang sukses menarik perhatian. Meskipun masih berstatus konsep, tapi Yamaha berencana akan benar-benar meluncurkan Yamaha E-01 tahun ini di Indonesia.

Selain E-01, Yamaha juga akan meluncurkan motor listrik lain di tahun 2023. Targetnya mereka ingin 2,6 persen dari total penjualan motor listrik berbasis baterai.

Selain Yamaha, Honda juga tidak mau kalah dengan rencana peluncuran motor listrik di tahun ini. 10 model motor listrik sudah mereka siapkan untuk mendominasi pasar motor listrik di Indonesia.

Pihak Honda membuat 3 model yang berbeda, yaitu Cub e, Dax e dan zoomer e yang akan diluncurkan di China, Asia, Eropa, termasuk Indonesia. Mengingat desain dari ketiga motor ini tergolong unik, sepertinya Honda bisa meraih pasar untuk motor listrik.

Honda sepertinya optimis setelah tahun lalu mengeluarkan motor listrik U-GO dan kini akan diproduksi di Indonesia. Jika di China kisaran harganya Rp 16,6 juta, maka di Indonesia harganya jauh lebih mahal dengan kisaran Rp 39 juta. Namun, dengan spesifikasi yang mumpuni, Honda U-GO masih tergolong worth it untuk dimiliki.

Sementara, untuk pabrikan Kawasaki masih terus konsisten dengan motor sportnya dengan membuat motor sport versi listrik. Bocorannya sudah terdengar dari tahun lalu yang menyebutkan desainnya akan mirip dengan Ninja 250 dan Z250 dari segi body.

Pertama kalinya Kawasaki memperkenalkan motor listriknya di ajang pameran Intermot 2022. Sejak saat itu, pecinta motor sport banyak membicarakan tentang motor Kawasaki ini. Jika memang benar-benar meluncur tahun ini, maka dipastikan Kawasaki menjadi satu-satunya pabrikan motor Jepang yang berani tampil beda. Bagaimana menurut pendapat kalian?


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *