Blog SiMotor

Setelah resmi rilis di Indonesia pada Selasa, 17 Januari 2023, motor Yamaha Grand Filano langsung menjadi perbincangan hangat di kalangan pecinta otomotif. Banyak yang mengaku menyukai desain unik retro dari pabrikan Yamaha ini.

Sebelumnya, motor ini sudah lebih dulu meluncur di negara Thailand dan Vietnam yang lebih dikenal dengan nama Yamaha Nozza Grande. Sekaligus motor ini juga menjadi motor Hybrid Connected kedua setelah Yamaha Fazzio. Rilisnya Filano menghadirkan spekulasi bahwa Yamaha sengaja membuat Filano sebagai pesaing dari Fazzio yang sudah lebih dulu menguasai pasar.

Namun, daripada menjadikannya pesaing, Yamaha justru bertujuan untuk menciptakan trend motor baru bergaya classy layaknya skuter matic maxi yang berhasil populer dan menjadi kecintaan masyarakat Indonesia.

Menurut pendapat kalian, apakah Grand Filano akan berhasil menguasai pasar seperti Fazzio? Sebelum menjawab pertanyaan itu, simak dulu spesifikasi dan harga dari Yamaha Grand Filano yang sudah SiMotor rangkum di bawah ini.

Mesin dan Fitur

Mengusung tema “The Next Level of Fashion” yang lebih mewah, Grand Filano Hybrid Connected masih tetap mempertahankan konsep retro. Terlihat dari headlamp yang berbentuk seperti diamond atau vertikal ke bawah.

Jika kita melihat secara detail bagian tengah dan belakang sekilas mirip dengan Yamaha Fino. Dengan mesin Hybrid Blue Core 125, Grand Filano memiliki dimensi yang agak kecil yakni panjang 1.820 mm, lebar 685 mm dan tinggi 1.155 mm, sehingga bisa dikatakan mungil. Meskipun mungil, tapi kapasitas jok bagasinya cukup luas sekitar 27 liter yang lebih dari cukup untuk menaruh jas hujan dan helm kalian.

Sedangkan, untuk kapasitas tangki BBM lebih kecil dari Yamaha Fazzio yakni hanya 4,4 liter. Namun, jauh lebih praktis, karena letak tangka pengisian bensin berada di area depan. Untuk mesinnya tak mampu diragukan lagi karena memiliki dapur pacu 124,86 cc dengan tenaga 6,1 kW di 6.500 rpm dan torsi 10,4 Nm di 5.000 rpm.

Berpindah pada fitur yang dimiliki oleh Yamaha Grand Filano yang dilengkapi dengan Hybrid seperti halnya Fazzio, Smart Keyless System (SKS), Start Stop System (SSS), Full LED dan panel instrument LCD dengan layer TFT.

Selain itu, motor ini juga memiliki fitur Y-Connect yang bisa terhubung dengan smartphone. Artinya, kita bisa mengetahui informasi terkait konsumsi bahan bakar, notifikasi pesan dan panggilan ponsel, arah parkir serta informasi lainnya terkait kendaraan.

Sayangnya, Filano tidak dilengkapi dengan fitur Anti Lock Bracking System (ABS) dan Unified Brake System (UBS) seperti di Thailand. Namun, tenang saja karena motor ini mempunyai lampu Hazard yang bisa digunakan saat kondisi darurat.

Varian dan Harga

Yamaha Grand Filano mempunyai 2 tipe dengan harga yang berbeda. Ada tipe LUX yang paling mahal dan tipe NEO dengan harga yang lebih murah.

Tipe LUX memiliki 2 pilihan warna yang bisa kalian ambil, yakni Lux White Pearl dan Lux Matte Blue) dengan harga Rp 27.500.000. Sedangkan untuk tipe NEO, Filano memberikan pilihan lebih warna. Ada 4 pilihan warna, dari Neo Dull Blue, Neo Red, Neo Beige sampai Neo Black dengan kisaran harga Rp 27.000.000.

Dari 2 tipe di atas, manakah yang membuat kalian lebih tertarik?


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *