Blog SiMotor

Medis sosial Kembali ramai baru-baru ini lewat berita tentang singa tabrak mobil, sehingga muncul edukasi tentang tips berkendara di Taman Safari. Video yang beredar di platform TikTok ini benar-benar menarik perhatian. Pasalnya, sang pemilik mobil mengaku enggan berdamai dengan tersangka yang menabrak mobilnya, yakni dua ekor singa di Taman Safari Prigen, Kota Pasuruan, Jawa Timur. Hal tersebut ternyata adalah ungkapan jokes semata.

Mobil Toyota Yaris berwarna merah milik pengunjung mengalami kerusakan di bagian kiri. Kejadian tersebut terjadi pada tanggal 22 Januari 2023 lalu, tapi baru viral sejak kemarin tanggal 11 Februari 2023.

Dalam akun Twitter @Febrian_pepe selaku pemilik mobil menceritakan bahwa saat kejadian tersebut berlangsung terjadi kepanikan di dalam mobil. Benturan yang terjadi mengakibatkan guncangan keras hingga kaca mobil belakang bagian kirinya pecah.

Penyebab dua singa tersebut menabrak mobil karena ingin menunjukkan siapa yang terkuat. Perkelahian tak bisa dihindari demi mendapatkan singa betina yang memang sedang memasuki musim kawin. Dua singa yang sedang kejar-kejaran tersebut akhirnya menabrak salah satu mobil pengunjung tertangkap kamera.

Untungnya, setiap kendaraan yang masuk ke Taman Safri sudah terdaftar dalam asuransi Jasa Raharja. Jadi, pemilik mobil bisa mengajukan klain atas kerusakan yang terjadi. Namun, meskipun dapat ganti rugi, kejadian seperti ini bisa dihindari. Berikut ini tips aman berkendara di Taman Safari yang sudah tersusun rapi oleh SiMotor.

Mengikuti Peraturan

Salah satu cara untuk menghindari kejadian serupa adalah dengan mengikuti peraturan dan tata tertib sebagai pengunjung. Tidak ada asap jika tidak ada api, begitu juga tidak ada masalah jika tidak ada penyebab.

Supaya tidak terjadi masalah, alangkah baiknya kita berusaha menghindar. Ingatkan pula jika ada pelanggan yang melanggar peraturan. Keselamatan bukan hanya untuk diri sendiri tapi juga orang lain.

Tetap di dalam Mobil

Tindakan yang paling dilarang ketika berada di Taman Safari tentu keluar dari mobil. Hewan-hewan penghuni Taman Safari biasanya dibiarkan hidup bebas tanpa kandang. Untuk itu pihak Taman Safari menyediakan mobil khusus agar pengunjung bisa melihat satwa-satwa buas ini dengan aman.

Kalian bisa juga menggunakan kendaraan pribadi untuk berkeliling melihat satwa-satwa tersebut dengan catatan tidak boleh keluar dari mobil. Bahkan, ketika mobil kalian tiba-tiba berhenti karena rusak di tengah jalan, kalian tetap tidak diperbolehkan keluar. Tidak ada yang menjamin bahwa satwa-satwa buas ini tidak bertindak impulsif atau menyerang. Segera lapor ke petugas apabila kalian mengalami kondisi seperti ini.

Mengemudi dengan Pelan

Demi menjaga situasi kondusif dan tidak mengganggu satwa-satwa di Taman Safari, pengunjung dihimbau untuk mengemudi dengan pelan. Mengemudi dengan cepat bisa menimbulkan kebisingan yang akan mengganggu satwa yang mungkin sedang tertidur beristirahat.

Selain mengganggu jadwal istirahat mereka, mengemudi dengan cepat bisa mendorong satwa untuk menyerang mobil kalian. Ada beberapa jenis satwa yang langsung menyerang ketika merasa terancam.

Menjaga Jarak Aman

Banyak satwa di Taman Safari yang menarik perhatian kita, sehingga mendorong utuk melihat dari jarak dekat. Namun, Tindakan ini tergolong berbahaya dan tidak boleh dilakukan oleh pengunjung.

Kalian cukup melihat dari jarak aman beberapa meter untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Menghindari Memberi Makan Satwa

Hal terakhir yang perlu kalian hindari selain tetap di dalam mobil, mengemudi dengan pelan serta menjaga jarak aman saat berada di Taman Safari, kalian juga tidak diperbolehkan untuk memberi makan satwa.

Meskipun, pihak petugas Taman Safari memperbolehkan kalian untuk memberi makan, tetapi tidak berlaku untuk semua jenis satwa yang ada di sana. Hanya satwa yang tergolong jinak saja yang diperbolehkan petugas, seperti kelinci, domba dan satwa-satwa lain bukan tergolong predator. Pastikan bahwa kalian tetap waspada ketika mengemudi di area Taman Safari.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *