Blog SiMotor

Pengguna aplikasi SiMotor pasti masih asing dengan fitur Taksasi yang launching baru-baru ini. Merujuk pada KBBI, pengertian Taksasi adalah perkiraan atau taksiran harga suatu barang. Karena Taksasi merupakan aplikasi layanan penyedia jasa jual-beli motor bekas, maka Taksasi di SiMotor merupakan fitur yang membantu pengguna dalam menentukan harga pasar motor yang mau dijual atau dibeli.

Dari pengertian Taksasi di atas kalian pasti sudah mengerti kenapa kalian harus menggunakan fitur Taksasi SiMotor bukan?

Banyak penipuan di media sosial, sehingga kita harus berhati-hati ketika melakukan transaksi. Dalam urusan membeli motor pun besar kemungkinan kita akan merasa tertipu ketika membeli motor bekas dengan harga tak sesuai pasaran. Memang banyak penjual motor yang ingin mendapatkan keuntungan lebih dengan menjual motornya dengan harga tinggi.

Untuk menghindari hal tersebut kita wajib mencari informasi terkait harga jual atau beli sesuai tahun motor. Tentu dari sini Taksasi menjadi fitur bermanfaat bukan?

Cara Menggunakan Fitur Taksasi SiMotor

Sebelum membahas bagaimana cara menggunakan fitur Taksasi yang benar, pastikan kalian sudah mengunduh aplikasi SiMotor terlebih dahulu di Play Store. Selain menyediakan ruang yang nyaman untuk kalian bertemu dengan penjual atau pembeli motor, kalian juga bisa mengetahui harga pasar motor, artikel seputar otomotif, aksesoris motor dan event tawar bersama yang selalu digelar oleh SiMotor.

  • Masuk ke dalam menu Taksasi

Ketika kalian sudah mengunduh aplikasi SiMotor, kalian akan disuguhkan dengan beberapa pilihan menu. Terdapat fitur atau menu Tawar Bersama, Iklan Baris, Aksesoris Sparepart, Harga Pasar dan Taksasi. Pilih menu Taksasi yang berada di beranda atas.

  • Centang Syarat dan Ketentuan

Setelah kalian berhasil masuk ke dalam menu Taksasi, kalian akan langsung diminta untuk menyetujui syarat dan ketentuan agar bisa lanjut ke tahap berikutnya. Cukup dengan mencentang kotak syarat dan ketentuan di bagian bawah kemudian tekan ikon lanjut.

  • Pilih Merk Motor

Untuk saat ini ada 4 merk motor dalam fitur Taksasi SiMotor. Empat merk motor ini yang paling besar dan banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Ada Yamaha, Honda, Kawasaki dan Suzuki lengkap dengan semua tipe yang ada. Jadi, kalian bisa memilih motor mana yang kalian sukai atau ingin kalian beli dan jual, mulai dari motor bebek, motor matic sampai motor sport. Bahkan, nantinya SiMotor akan terus mengembangkan berbagai merk dan tipe motor seperti motor listrik.

  • Tentukan Tahun dan Wilayah

Jika kalian sudah menentukan merk dan tipe motor mana yang kalian maksud, maka tahap selanjutnya dari fitur Taksasi adalah menentukan tahun motor dan wilayah. Ini sangat penting, karena tahun motor dan wilayah akan menentukan nilai Taksasi. Semakin tua tahun motor, maka semakin murah nilai Taksasi. Sebaliknya, semakin muda umur motor, maka akan semakin tinggi nilai Taksasi.

  • Menjawab Semua Pertanyaan Taksasi

Dalam tahap ini, kalian wajib menjawab semua pertanyaan seputar kondisi motor mulai dari kondisi ban, veleg, lampu, spion, knalpot, jok sampai speedometer. Semua pertanyaan seputar kondisi motor ini harus kalian jawab tanpa terlewat. Tekan ikon “Yes” jika kondisi motor tergolong masih bagus dan tekan ikon “No” saat kondisi motor tidak bagus atau kurang bagus.

  • Estimasi Harga Motor

Setelah semua pertanyaan tentang kondisi motor terjawab, maka di akhir kalian akan mendapatkan estimasi harga motor sesuai dengan merk, tipe dan tahun motor. Nilai Taksasi akan berbeda-beda sesuai dengan kondisi motor. Jika kondisi motor masih mulus 95%, maka nilai Taksasi berada di posisi tertinggi. Namun, ini juga disesuaikan dengan tahun dan wilayah motor. Taksasi ini bisa kalian ulang jika diperlukan. Apalagi, saat kalian tengah ingin membeli motor, maka pastikan terlebih dahulu kondisi motor kemudian menggunakan Taksasi untuk mengetahui harga taksiran motor. Selamat mencoba!


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *