Blog SiMotor

Maraknya kasus maling motor membuat banyak orang mencari alat anti maling motor yang mudah digunakan. Beberapa alat memang sengaja diciptakan guna mengatasi masalah maling motor yang tidak bisa dihindari.

Alat-alat tersebut terbukti berhasil untuk mencegah kasus pencurian motor, meski ada beberapa yang kini dinilai masih kurang efektif. Para maling ternyata mulai belajar untuk merusak kinerja alat tersebut. Kunci ganda motor sekalipun mampu ditembus oleh maling. Jadi, tentu dibutuhkan alat-alat lain yang punya kinerja lebih hebat.

Selain mengandalkan alat, ada beberapa hal juga yang bisa kalian lakukan di antaranya sebagai berikut.

Mencari Tempat Parkir yang Aman

Tips anti maling motor yang pertama bisa kalian lakukan adalah dengan mencari tempat parkir yang aman. Pilihlah tempat yang terdapat tukang parkir untuk menjaga motor kalian. Namun, kalian juga tidak boleh langsung mempercayakan kendaraan kalian pada tukang parkir. Pastikan bahwa tempat parkir yang kalian pilih adalah parkir resmi yang bertanggung jawab apabila ternyadi kasus kehilangan.

Selain memilih tempat parkir resmi kalian juga harus memperhatikan letak motor yang menjangkau CCTV. Namun apabila kalian tidak parkir di tempat resmi, maka usahakan menaruh motor di bagian dalam.

Mengunci Stang ke Arah Kanan

Karena upaya mengunci stang ke arah kiri sudah bisa terbaca oleh maling, maka kini rekomendasi paling aman tentu dengan menguncinya ke arah kanan. Meskipun, cara ini kadang ditentang oleh petugas parkir yang merasa kesulitan apabila hendak menggeser kendaraan.

Mengunci motor kea rah kiri menimbulkan ruang yang besar untuk kunci kontak, sehingga maling bisa membobolnya dengan kunci T.

Memasang Gembok Motor

Gembok motor memiliki banyak ragam yang bisa kalian pilih sesuai budget. Namun, yang kini paling banyak digunakan adalah capslock griplock. Kalian bisa membeli gembok jenis ini di toko online atau marketplace.

Pemasangan gembok ini juga terbilang cukup mudah. Kalian bisa memasangnnya di sela-sela cakram atau pelek. Jika memungkinkan, kalian juga bisa menambahkan gembok rantai untuk perlindungan lebih maksimal.

Memasang Alarm Motor

Pemasangan alarm ini akan sangat berguna meskipun sifatnya hanya sebagai pelengkap. Alarm akan berbunyi saat adanya kontal dengan motor. Jika maling hendak mengincar motor kalian, maka otomatis aksinya akan cepat ketahuan karena bunyi dari alarm.

Namun, kalian tidak boleh sembarangan memasang alarm motor. Datanglah ke bengkel aksesoris untuk menghindari konsleting akibat pemasangan alarm motor yang tidak benar. Jadi, motor kalian mendapatkan perlindungan yang maksimal dari maling motor yang kerap terjadi.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *