Blog SiMotor

Bensin eceran bisa menjadi salah satu opsi ketika kehabisan bahan bakar. Bahkan sampai saat ini, banyak masyarakat yang masih membeli bahan bakar minyak (BBM) secara eceran dengan berbagai alasan. Seperti untuk menghindari keramaian di SPBU hingga sulit mencari SPBU terdekat di wilayahnya.

Jika dalam keadaan darurat dan indikator BBM sudah menunjukkan huruf ‘E’ maka boleh saja menggunakan bensin eceran. Namun, sebaiknya dijadikan opsi terakhir, karena harus tetap hati-hati dan waspada jika sering mengisi bensin eceran. 

Apa Bahayanya Isi Bensin Eceran?

Cukup mudah untuk mendapatkan penjual bensin di pinggir jalan, apalagi untuk kawasan yang jauh dari kota dan minim SPBU. Namun, harus tetap hati-hati karena ada beberapa oknum penjual yang tidak jujur.

Banyak anggapan bahwa beberapa oknum penjual bensin eceran yang nakal dengan mengoplos bensin dengan minyak tanah, paint thinner, dan air. Hal ini dilakukan demi meraup keuntungan besar tanpa memperdulikan nasib pelanggan.

Dan kualitas bensin yang dijual belum tentu terjaga kualitasnya sama seperti yang ada di SPBU resmi. Banyak botol yang berisi bensin sering dibiarkan berada di luar ruangan dan langsung terpapar sinar matahari. Hal ini dapat mengakibatkan komposisi kimiawi pada bahan bakar jadi berubah. 

Baca juga: Jangan Balik Ke Masa Lalu, Lampu Motor yang Revolusioner Membawa Keselamatan di Jalanan

Apa Kerugian Dari Isi Bensin Eceran?

Mengutip dari laman detikoto, berikut sejumlah kerugian yang akan dialami oleh pemilik kendaraan jika mengisi bensin oplosan untuk kendaraannya.

Mesin jadi berisik

    Kerugian yang pertama akibat mengisi BBM dengan bensin oplosan adalah suara mesin jadi lebih berisik. Hal ini karena muncul kerak akibat bensin oplosan yang komposisinya tidak sesuai dengan spesifikasi mesin.

    Umumnya, kerak dapat muncul di peranti piston, kepala silinder, dan sekeliling payung klep. Adanya kerak di mesin motor bisa menimbulkan knocking di mesin kendaraan yang membuat suara mesin jadi lebih berisik dari biasanya.

    Mempengaruhi performa mesin

      Menggunakan bensin oplosan dapat mempengaruhi performa motor di jalan raya. Hal ini karena kerak yang ada di mesin motor. Bahkan dalam sejumlah kasus, sepeda motor sampai mogok di tengah jalan karena mengisi bensin oplosan.

      Turun mesin

        Mengisi bensin oplosan bisa membuat motor menjadi turun mesin. Karena banyaknya kerak yang menempel di mesin sehingga harus diservis besar untuk menghilangkan kerak secara total. Hal ini bisa membuat biaya servis menjadi mahal.

        Jadi masih mau beli bensin eceran wahai sobat motor?


        0 Comments

        Leave a Reply

        Avatar placeholder

        Your email address will not be published. Required fields are marked *