Blog SiMotor

Cara naik motor listrik sedikit berbeda dengan motor bensin pada umumnya. Komponen motor listrik yang berbeda dengan motor bensin menjadi penyebabnya. Dari tenaga saja misalnya, motor listrik menggunakan tenaga listrik yang membuat perbedaan suara yang sangat menonjol dengan motor bensin. Motor listrik jelas menghasilkan suara yang jauh lebih jernih atau tidak bising jika dibandingkan dengan motor bensin.

Ini bisa menjadi sebuah keunggulan atau bahkan mungkin kekurangan dari motor listrik sendiri. Jika kita mengedarai motor istrik di jalan raya, maka tidak adanya suara mesin justru berbahaya. Kita mungkin tidak akan terdengar ketika hendak menyalip kendaraan lain. Akibatnya kecelakaan akan marak terjadi jika kalian tidak berhati-hati.

Untuk itu, SiMotor sudah merangkum dalam artikel ini cara mengendarai motor listrik di jalan raya supaya terhindar dari kecelakaan. Simak ulasan di bawah ini.

Mempelajari Kinerja Motor Lsirik

Karena mengendarai motor listrik berbeda dengan motor bensin, pastikan kalian mempelajari bagaimana mengendarai motor listrik. Ada beberapa motor listrik yang memiliki kontrol berbeda, seperti ketiga ingin menambah kecepatan dari low ke high dan masih banyak lagi.

Jangan langsung membawa motor ke dalam kecepatan tinggi atau high, pertama kali kalian harus mengendarainya dari mode low terlebih dahulu. Motor listrik memiliki kopling untuk mengatur kecepatan. Tentu kalian harus mempelajari sistem kopling ya.

Perhatikan selalu kecepatan motor listrik kalian, karena kebanyakan motor listrik tidak bisa memiliki kecepatan maksimum seperti motor bensin. Jadi, jangan menyalip kendaraan jika perkiraan kecepatan motor listrik tidak mampu secara maksimal.

Selain itu, sistem pengereman juga tak kalah penting. Motor listrik cenderung lebih sensitif yang membuat motor akan mudah menerima respons. Hal yang harus kita hindari adalah jangan pernah menekan rem secara mendadak.

Memperhatikan Jarak Tempuh dan Pengisian Baterai

Setiap merk motor listrik memiliki jarak tempuh yang berbeda-beda. Namun, paling tidak untuk sebuah motor listrik mampu menempuh jarak 50 km. Jika penggunaan motor listrik kalian lebih dari 50 km, maka pilihlah jarak tempuh yang lebih besar.

Sedangkan, untuk model pengisian baterai kini sudah banyak dibangun stasiun pengisian baterai motor listrik. Biasanya stasiun pengisian baterai tersebut menggunakan sistem tukar baterai. Caranya kalian hanya tinggal menukar baterai kalian dengan baterai baru. Kabar gembiranya penukaran baterai motor listrik masih gratis. Jadi, jangan tunggu sampai baterai kalian habis saat perjalanan.

Mencoba Motor Listrik di Area Luas

Jika kalian ragu untuk membawa motor listrik di jalan raya yang ramai, mulailah dengan mencoba mengendarainya di area yang luas dan sepi. Kalian bisa sembari belajar bagaimana mengendalikan motor listrik dengan baik.

Orang yang baru beralih menggunakan motor listrik biasanya akan sedikit bingung. Nah, jangan terlalu tergesa-gesa untuk langsung mengendarainya dalam jarak jauh. Pilihlah lokasi yang tidak banyak orang berlalu lalang. Lokasi seperti lapangan luas atau jalanan taman bisa kalian ilih untuk menjajal motor listrik kalian. Secara garis besar begitulah cara naik motor listrik yang safety.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *