Blog SiMotor

Setiap kali waktunya mengganti oli pasti sebagian besar dari kita meluangkan waktu untuk pergi ke dealer. Padahal, ada cara praktis ganti oli motor di rumah secara mandiri. Selain lebih cepat, mengganti oli motor secara mandiri juga bisa mengurangi biaya pergi ke bengkel.

Namun, sayangnya masih banyak orang yang belum mengetahui bagaimana cara mengganti oli motor sendiri dan lebih menyerahkan urusan ini ke bagian bengkel. Untuk itu, SiMotor memberikan tutotial dan tips yang mudah untuk kalian ikuti. Simak ulasannya berikut ini!

1. Panaskan Mesin Motor

Langkah pertama sebelum ganti oli motor adalah memanaskan mesin motor terlebih dahulu, setidaknya 5-10 menit. Memanaskan motor ini berguna untuk menurunkan tingkat kekentalan oli. Selain itu, memanaskan motor juga sebagai tahap untuk memastikan endapan sisa pembakaran ikut keluar bersama dengan oli saat nanti baut sudah dibuka.

Saat memanaskan mesin motor kita tidak boleh langsung membuka baut oli, karena mengganti oli harus dalam keadaan mesin hangat. Membuka baut saat kondisi mesin masih panas bisa menyebabkan komponen baut menjadi rusak.

2. Mengeluarkan Oli Lama

Untuk mengeluarkan oli kita harus membuka baut penutup buangan di mesin dengan kunci sok ukuran 17. Namun, sebelum membuka baut penutup kita harus menyiapkan wadah penampung oli bekas di bawahnya. Hal ini berguna agar oli bekas yang mengucur nanti tidak mengotori lantai.

Hentak-hentak kick starter motor sebagai dorongan udara dan membersihkan sisa-sisa oli yang menempel dalam ruang mesin. Biarkan hingga 30-60 menit agar oli benar-benar keluar secara optimal.

3. Mengganti Filter Oli

Sambil menguras oli lama, jangan lupa untuk memeriksa filter oli motor. Untuk motor matic letak filter oli biasanya berada di sebelah lubang entry oli mesin.

Gunakan obeng minus untuk mengecek filter oli ini. Setelah berhasil terbuka, periksa kondisi filter oli agar untuk memastikan filter oli benar-benar harus diganti atau tidak. Jika kondisinya berwarna hitam, maka filter oli harus segera diganti.

4. Memasang Kembali Baut

Tahap yang tidak boleh terlewat dalam mengganti oli mesin setelah mengganti filter oli adalah memasang lagi baut yang tadi sudah dibuka. Sebelum memasang lagi baut, pastikan tidak ada lagi oli yang menetes dari ruang mesin.

Lebih baik gunakan seal tape sebagai lapisan baut agar baut bisa terpasang kencang dan kunci torsi sebagai alat untuk mengencangkannya.

5. Mengganti Oli Baru

Setelah baut penutup buangan sudah terpasang dengan kencang, maka kita sudah bisa membuka baut pengukur oli pada kop mesin motor. Siapkan corong agar oli tidak berceceran dan masukkan oli baru secara perlahan sambil mengecek level oli menggunakan dipstick. Umumnya motor matic memerlukan oli sebanyak 800ml, sedangkan motor sport menggunakan 1 liter takaran. Jangan lupa untuk mengencangkan baut penutup oli kembali.

Begitulan cara mengganti oli motor dengan cepat secara mandiri di rumah. Tertarik untuk mencobanya?


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *