Blog SiMotor

Knalpot motor meledak-ledak dapat mengganggu kenyamanan saat berkendara dan mengganggu pengendara lain. Selain itu, knalpot motor nembak juga dapat merusak berbagai komponen motor bisa tidak segera diservis.

Tips mengatasi knalpot motor meledak

Ada sejumlah cara untuk mengatasi masalah knalpot yang meledak-ledak. Mengutip lama detikoto, berikut tipsnya:

Mengecek kondisi knalpot

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah mengecek kondisi knalpot sekaligus mengatur ulang bagian karburator dan pilot screw. Jika masih rusak, segera bawa motor ke bengkel untuk dilakukan perbaikan.

Mengecek bagian busi

Busi menjadi salah satu faktor yang menyebabkan knalpot motor meledak. Jika ada masalah pada busi, segera ganti busi dengan yang baru

Baca juga: Knalpot Motor Nembak dan Meledak-ledak? Ini 5 Penyebabnya!

Mengecek sambungan leher knalpot

Mengecek sambungan leher knalpot dengan mesin. Pastikan sambungan leher knalpot tersebut terpasang secara rapat, kuat, dan kondisi packingnya masih bagus.

Periksa campuran bahan bakar

Campuran bahan bakar yang tidak sesuai dapat mengakibatkan pembakaran yang tidak sempurna. Untuk mengatasi hal ini, kamu perlu mengatur ulang karburator atau sistem injeksi bahan bakar motor untuk memastikan bahwa campuran bahan bakar dan udara sudah optimal.

Gunakan knalpot yang kompatibel

Penggunaan knalpot yang tidak sesuai dengan spesifikasi motor dapat menyebabkan masalah termasuk suara meledak. Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk menggunakan knalpot yang direkomendasikan oleh pabrikan motor atau knalpot yang kompatibilitasnya sesuai dengan tipe motor.

Mengganti kampas rem

Kampas rem berfungsi sebagai peredam tekanan gas buang, jika rusak atau aus tidak akan bekerja dengan sempurna. ini memungkinkan tekanan gas buang tidak merata dan menyebabkan suara ledakan.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *