Blog SiMotor

Sejumlah wilayah di Indonesia masih dilanda hujan yang berpotensi menciptakan genangan air di beberapa bagian jalan. Hal ini membuat para pengendara motor harus lebih berhati-hati dan waspada.

Motor harus tetap optimal untuk bisa memberikan kenyamanan dan keselamatan dalam berkendara di musim hujan.

Baca juga: Jas Hujan Anti Rembes

Ada beberapa tips perawatan motor yang perlu kamu perhatikan:

1. Cek tekanan udara dan alur ban

Kondisi ban sangat krusial dalam keselamatan berkendara, terutama saat musim hujan. Lakukan pemeriksaan rutin pada tekanan ban dan ketebalan alur ban. Alur ban yang tidak terlihat atau kempis bisa membuat motor sulit dikendalikan serta meningkatkan risiko tergelincir di jalan yang basah.

2. Pastikan lampu berfungsi

Pastikan lampu depan, lampu belakang, lampu pengereman, hingga lampu sein menyala dengan optimal. Karena keterbatasan penglihatan saat hujan, lampu berfungsi untuk meningkatkan penglihatan kamu, dan juga memberikan sinyal kepada pengendara lain ketika motor akan berhenti atau berbelok.

3. Periksa rem

Kondisi jalan yang licin memerlukan sistem pengereman yang optimal, maka dari itu periksa rem depan dan belakang secara rutin. Pastikan kampas rem dalam kondisi baik karena sistem pengereman yang optimal bisa membantu kamu mengurangi jarak pengereman dan memberikan kontrol yang lebih baik buat kamu.

Tetap berhati-hati dan waspada saat berkendara ya, sobat motor! Baik dalam kondisi panas dan hujan.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *