Blog SiMotor

Libur telah tiba, saatnya sobat motor berwisata ke tempat bagus bareng keluarga atau teman dekat. Sobat motor bisa, lho, touring naik motor untuk mengisi liburan akhir tahun.

Eits, sebelum melakukan touring motor, sobat motor harus tau keperluan apa aja yang harus disiapkan. Apalagi kalo sobat motor baru mau mencoba touring dengan motor, wajib pake banget baca tips ini!

Apa aja sih hal-hal yang perlu disiapin untuk touring naik motor?

  1. Kondisi Fisik yang Sehat dan Prima

Hal yang pertama dan paling penting untuk touring motor adalah jaga kesehatan tubuh. Sobat motor harus sehat dan fit dengan olahraga serta tidur yang teratur. Jangan sampe dalam perjalanan touring ada kendala terkait kesehatan ya, sobat motor.

  1. Periksa Kesiapan Motor

Sebelum memulai perjalanan, sobat motor harus memeriksa keadaan motor yang akan digunakan. Pastikan kalau motor dalam keadaan baik-baik saja untuk dikendarai selama melakukan perjalanan touring. Dengan mengecek keadaan motor juga bisa menjadi pencegahan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Selain itu, periksa juga surat-surat motor lengkap untuk jaga-jaga jika ada keadaan yang membutuhkan surat-surat motor tersebut.

  1. Alat Komunikasi dan Peta Penunjuk Jalan

Buat sobat motor yang ngga mau ketinggalan atau nyasar saat touring maka harus menyiapkan alat komunikasi jika perjalanan touring tersebut rame-rame bareng keluarga atau teman. Alat komunikasi tersebut berguna untuk memudahkan tim untuk kasih arahan. Dan pastikan kalau sobat motor sudah riset rute perjalanan yang akan dilalui serta berapa jarak dan lama waktu perjalanan, sobat motor bisa melihat rute perjalanan lewat aplikasi maps.

  1. Pasang Alat Tambahan

Saat touring, sobat motor akan membutuhkan beberapa alat tambahan seperti dudukan handphone untuk melihat map, lampu dan klakson tambahan.

  1. Siapkan dan Perhatikan Barang Bawaan

Sobat motor harus banget pake wajib membawa barang bawaan yang memang dibutuhkan. Bawalah barang yang diperlukan, seperti handphone, dompet, P3K dan obat-obatan, power bank, dan kamera serta tempatkan barang yang sering dipakai di tempat yang mudah diambil. Jangan pernah meninggalkan barang berharga di dalam kendaraan. Selama diperjalanan, harap selalu memperhatikan barang bawaan dan disimpan di tempat yang aman ya, sobat motor.

  1. Gunakan Safety Gear 

Gunakan safety gear selama perjalanan touring dan jangan bertukar dengan orang lain. Pakailah helm full face, sarung tangan motor, sepatu yang nyaman, serta pakaian yang nyaman seperti baju dan jaket yang khusus untuk riding. Jangan lupa untuk membawa jas hujan untuk jaga-jaga kalau di tengah perjalanan kamu kehujanan yah.

  1. Menentukan Estimasi Waktu Perjalanan dan Biaya

Sobat motor harus menentukan estimasi waktu perjalanan dengan biaya yang tepat. Jangan sampei estimasi biaya tidak sebanding denga waktu perjalanan ataupun sebaliknya. Jangan sampe sobat motor kehabisan ongkos di tengah perjalanan touring, nanti bingung gimana caranya pulang kerumah. Estimasi biaya bisa meliputi biaya bahan bakar, penginapan (jika touring jarak jauh), tiket masuk wisata, serta biaya makan selama touring. Sobat motor juga jangan lupa untuk membawa uang cash biar ngga bingung kalau sulit menemukan mesin atm di daerah tertentu.

  1. Start Touring di Pagi Hari

Makin pagi udara makin sejuk. Sobat motor bisa memulai touring di pagi hari, tapi jangan lupa sebelum otw periksa dulu keadaan motor untuk terakhir kalinya. Jangan buru-buru, berdoa terlebih dahulu sebelum berangkat. Dan sobat motor juga bisa beristirahat 2-3 jam sekali untuk mengisi energi sebelum mulai berkendara lagi.

Nah, itu hal-hal yang harus disiapkan sebelum touring naik motor. Utamakan kesadaran dan keamanan selama berkendara biar perjalanan touring lancar dan menyenangkan yah. Selamat liburan dan semoga perjalananmu menyenangkan, sobat motor!


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *