Blog SiMotor

Savart merupakan motor listrik yang berasal dari Mojokerto, Jawa Timur. Berdiri sejak tahun 2018, Savart termasuk Perusahaan otomotif yang masih baru. Tahun ini Savart sudah mulai memperkenalkan produknya di pergelaran event IMOS 2023.

Ada 2 motor yang diperkenalkan di IMOS, yakni Savart S-1 dan Savart S-1P. jika melihat harga dari dua motor ini jelas sekali kalau Savart menargetkan konsument menengah ke atas. Unitnya pun masih sangat terbatas. Sejauh ini semua unit motor listrik Savart hanya bisa dipesan lewat laman resmi atau partner resmi Blibli.

Savart mengembangkan komponen elektrik dan mekanik sendiri di dalam negeri. William Ekaputra selaku CEO Savart Motors saat peluncuran di IMOS 2023 lalu mengatakan, “Ini adalah motor listrik yang dikembangkan oleh orang Indonesia. Motor ini kita kerjakan dari tahun 2018. Kenapa lama? Karena memang susah. Pabrikan besar rata-rata memakan waktu 2 sampai 3 tahun. Jadi, kalau dalam waktu 3 tahun mereka bisa launching, masuk akal lah. Kalau sat-set sat-set itu yang patut dipertanyakan.”

Berikut spesifikasi lengkapnya untuk motor listrik Savart.

Spesifikasi dan Harga Savart

Secara dimensi, motor listrik buatan local ini tergolong pas. Memiliki panjang 2040 mm, lebar 747 mm dan jarak sumbu roda mencapai 1525 mm, groung clereance Savart 156 mm. untuk bobot sendiri sekitar 160 kg.

Savart dibelaki dengan suspensi depan denan panjang 42 cm dan jarak main 8 cm. Sedangkan, suspensi belakangnya model dual shock dengan panjang 29 cm dan jarak main 6,5 cm.

Seperti halnya Honda, Savart menggunakan sistem pengereman Combi Brake (CBS). Baterai yang gunakan adalah Lithium Ion NMC spesifikasi 72 V 65 Ah. Torsi maksimal di 250 Nm dengan kecepatan mencapai 120 km.

Ada beberapa fitur yang dimiliki Savart S-1 dan Savart S-1P Insigna seperti Find My Scooter yang dapat menemukan kendaraan meski jarak 50 km tanpa kunci, AI Based User Profiling yang bisa digunakan untuk mengatur gaya berkendara dengan personalisasi AI, Giroskop dan Akselerometer untuk mendeteksi kecelakaan, Adaptive User Interface yang mampu mendeteksi penggunaan pasa siang ataupun malam hari dan menyesuaikan tampilannya, serta Smart & Powerfull VCU yang dilengkapi GPS dan IoT untuk pengembangan diri berkelanjutan.

Sementara, untuk Savart S-1P Insigna terdapat 3 fitur tambahan, seperti sistem pemantau kinerja serta sensor pemantau tekanan ban. Harga kedua motor Savart ini termasuk cukup tinggi.

Savart S-1 : Rp 42 juta tanpa baterai

Savart S-1P : Rp 45 juta tanpa baterai dan Rp 58 juta termasuk baterai.

Bagaimana menurutmu?


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *