Blog SiMotor

Motor terbakar sebabnya mungkin bisa bermacam-macam, tapi yang paling sering terjadi adalah karena masalah tangki bocor. Namun, sebenarnya selain disebabkan karena mesin, motor terbakar juga bisa disebabkan oleh kelalaian diri kita sendiri.

Kejadian semacam ini memang sangat merugikan. Apalagi ketika terjadi di tempat umum dan tidak terduga pasti akan menimbulkan kepanikan luar biasa. Oleh karena itu, sebaiknya kita menghindari dengan mencegah penyebab apapun yang mungkin timbul.

Banyak kejadian motor terbakar sampai viral di media sosial. Ada yang berusaha memadamkan semaksimal mungkin. Bahkan, ada yang pasrah dan berlari untuk menyelamatkan diri sendiri daripada motornya. Tentu saja, nyawa lebih penting daripada segalanya.

Agar kejadian serupa tidak terjadi, maka kita harus mengetahui penyebabnya terlebih dahulu untuk bisa mencari cara untuk mencegahnya nanti. Berikut SiMotor sudah merangkum penyebab motor terbakar di bawah ini.

Mesin Terlalu Panas

Selain diakibatkan tangki bocor, motor terbakar sebabnya juga bisa dari mesin yang terlalu panas. Biasanya hal ini terjadi akibat dari berkendara jauh dan memakan waktu lama, sehingga motor dipaksa untuk terus bekerja.

Mesin yang panas akan menimbulkan percikan api bila dibiarkan. Ini seperti teori kedua batu yang digesekkan secara terus-menerus maka akan menimbulkan api. Nah, ini berlaku pula untuk mesin motor.

Untuk mencegahnya, kita harus sesekali mencari tempat beristirahat jika tengah melakukan perjalanan jauh. Jangan terus memaksa untuk membawa motor, apalagi dengan kecepatan tinggi. Mesin motor juga memerlukan istirahat untuk meredam kondisi yang terlalu panas.

Bahan Bakar Bocor

Jika di awal sudah disinggung bahwa penyebab motor terbakar bisa diakibatkan oleh tangki mesin, maka kini kita harus mengetahui kenapa tangki yang bocor bisa menjadi pemicu utama motor bisa mengalami kebakaran.

Tangki bocor otomatis membuat bahan bakar meluber keluar dan akibatnya bisa fatal. Bahan bakar yang keluar tadi bisa menimbulkan percikan api dari sistem pengapian. Selain harus memperhatikan kapasitas tangki dalam pengisian bahan bakar, kita juga harus sering mengecek kondisi tangki bagian bawah. Pastikan kondisinya tidak bocor dan aman.

Oli Bocor

Bukan hanya bahan bakar, tapi oli yang bocor juga dapat menjadi salah satu penyebab motor terbakar. Oli yang merembes bisa memicu terjadinya kebakaran pada mesin. Sifat oli memang sama dengan bensin dan sejenisnya.

Inilah mengapa kita juga harus mengecek semua komponen mesin motor, termasuk penampung oli. Kondisinya harus dalam keadaan baik dan tidak ada celah kebocoran. Jika terdapat oli yang merembes, maka ada komponen penampung oli yang bocor. Kita harus segera memperbaikinya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Selain bisa menjadi penyebab motor bisa terbakar, oli bocor bisa mengakibatkan kerusakan mesin yang parah karena kurangnya pelumas pada mesin.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *