Blog SiMotor

Mudik menjadi agenda wajib yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia saat lebaran tiba. Biasanya tujuan mudik ke tempat kelahiran atau kampung halaman. Tradisi ini telah dilakukan sejak lama ketika banyak masyarakat yang mulai merantau ke kota-kota besar.

Mudik bisa dilakukan dengan transportasi publik maupun kendaraan pribadi. Motor menjadi pilihan masyarakat untuk digunakan saat mudik. Padahal motor tidak dirancang untuk perjalanan jalan jauh.

Tips Mudik Menggunakan Motor Supaya Aman dan Selamat

Akan tetapi masih banyak pemudik yang tetap menggunakan sepeda motor. Maka dari itu buat sobat motor yang ingin mudik menggunakan motor harus catat tips ini supaya perjalanannya aman, nyaman, dan selamat sampai tujuan! Berikut tipsnya:

Baca juga: Meski Dilarang, Murah dan Fleksibel Jadi Alasan Mudik Lebaran Menggunakan Motor

Periksa kondisi motor

Periksa motor secara menyeluruh sebelum berangkat mudik. Kamu bisa memeriksa bagian mesin, oli, sistem pendinginan, ban, lampu, bahan bakar, hingga rem. Pastikan seluruh bagian dalam kondisi baik untuk mencegah terjadinya masalah di tengah perjalanan. Jangan lupa bawa surat-surat kendaraan bermotor dengan lengkap yah!

Bawa perlengkapan berkendara

Pakailah helm, jaket, sarung tangan, kacamata, dan sepatu yang nyaman untuk melindungi diri dari terik matahari, hujan, dan debu. Disarankan untuk menggunakan helm full face yang sesuai ukuran untuk bisa melindungi kepala secara menyeluruh.

Gunakan pakaian yang nyaman

Disarankan untuk menggunakan pakaian dengan warna terang dan mencolok untuk meningkatkan visibilitas pengendara lain. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir risiko kecelakaan lalu lintas. Gunakan pakaian yang nyaman yang bisa tahan terhadap panas, hujan, dan angin. Jangan lupa untuk membawa jas hujan demi menghindari cuaca buruk di tengah perjalanan.

Persiapkan rute perjalanan

Pelajari rute yang akan dilewati sebelum berangkat mudik untuk menghemat waktu agar lebih efisien. Pilihlah rute yang aman dan sesuai dengan kemampuan berkendara. Perhatikan kondisi jalan, cuaca, dan kondisi lalu lintasnya juga yah!

Pastikan fisik dalam kondisi terbaik

Kamu perlu stamina prima untuk melakukan perjalanan jarak jauh. Sebelum berangkat mudik, sebaiknya istirahat yang cukup dan makan sehat sebelum berangkat. Hindari konsumsi gula dalam jumlah banyak karena menyebabkan ngantuk. Jangan terlalu memaksakan diri, ketika terasa pegal dan kram maka istirahat. Disarankan untuk istirahat setiap dua jam sekali dengan tidur, makan, dan beribadah supaya tubuh kembali sehat dan bugar.

Jangan terlalu banyak membawa barang dan penumpang

Jangan terlalu banyak membawa barang dan penumpang karena kapasitas yang berlebih pada motor bisa memengaruhi keseimbangan dan keselamatan pengendara. Disarankan untuk membawa barang dan penumpang sesuai dengan kapasitas maksimum motor. Untuk kapasitas penumpang maksimal 2 orang termasuk pengemudi. Dan membawa barang tidak lebih dari stang motor.

Patuhi rambu lalu lintas

Selalu patuhi peraturan lalu lintas agar perjalanan menjadi aman dan nyaman, serta terhindar dari kecelakaan lalu lintas. Jangan melanggar aturan seperti mengabaikan lampu lalu lintas atau rambu-rambu, menyalip kendaraan besar dengan tidak aman, atau melebihi batas kecepatan dan ugal-ugalan.

Jangan berkendara di malam hari

Risiko kecelakaan biasanya lebih tinggi terjadi di wilayah dengan pencahayaan minim. Maka hindari mengemudi di malam hari, apalagi jika tidak akrab dengan rute perjalanan.

Jangan terlalu sering menggunakan ponsel

Bermain ponsel saat berkendara dapat mengganggu konsentrasi dan meningkatkan risiko kecelakaan. Jika memang harus menggunakan ponsel, maka bisa berhenti di tempat yang aman.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *