Blog SiMotor

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) kembali menyelenggarakan program Angkutan Mudik Gratis pada Lebaran tahun 2024. Hal ini untuk mengantisipasi lonjakan masyarakat yang ingin mudik menggunakan kendaraan pribadi, terutama motor.

Dilansir dari halaman Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, program ini tidak hanya mengangkut penumpang, tetapi juga motor dari penumpang tersebut. Supaya masyarakat bisa bermobilitas di kampung halaman.

Program mudik gratis dari Kemenhub ini bertujuan untuk mengurangi angka kecelakaan pengguna motor. Mengingat potensi bahaya kecelakaan pada motor sangat tinggi apalagi di saat arus mudik lebaran. Kemenhub berharap masyarakat bisa menggunakan transportasi umum atau memanfaatkan program mudik gratis.

Program ini tersedia melalui jalur darat, laut, serta kereta api, yang digelar di beberapa titik simpul transportasi.

Jalur Darat

Kemenhub melalui Ditjen Perhubungan Darat menggelar program “Mudik Gratis Sepeda Motor dengan Bus dan Truk”. Pendaftaran program ini dapat dilakukan melalui aplikasi MItra Darat pada tanggal 5 Maret – 3 April 2024. 

Pada arus mudik dan balik tersedia 722 unit bus untuk 30.088 penumpang dan 30 unit truk untuk 900 unit sepeda motor. Jadwal keberangkatan arus mudik akan dilakukan pada 6 April – 7 April 2024, sedangkan jadwal keberangkatan arus balik akan dilakukan pada 14 dan 15 April 2024.

Jalur Laut

Kemenhub melalui Ditjen Perhubungan Laut mengadakan program “Mudik Gratis Sepeda Motor dengan Kapal Laut”. Program ini memiliki kuota untuk 9.800 penumpang dan 4.800 unit sepeda motor yang dijadwalkan pada 3-17 April 2024.

Jalur Kereta Api

Kemenhub melalui Ditjen Perkeretaapian menyelenggarakan program “Mudik Gratis Sepeda Motor dengan Kereta Api”. Tiket kereta api bisa didapatkan mulai 4 Maret – 18 April 2024 dengan jumlah kuota 28.196 penumpang dan 12.180 unit sepeda motor.

Jadwal keberangkatan arus mudik akan dilakukan pada 2-8 April 2024, sedangkan keberangkatan arus balik akan dilakukan pada 13-19 April 2024.

Baca juga: Tips Mudik Menggunakan Motor Listrik


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *