Blog SiMotor

Belakangan ini banyak video yang beredar di sosial media seperti TikTok yang memperlihatkan rangka motor esaf patah. Ada dua merek motor Honda yang mengalami patah rangka, yakni Beat dan Vario.

Banyak komentar yang membanjiri video tersebut dan mempertanyakan kualitas Honda. Beberapa orang juga tengah membandingkan rangka milik Honda dengan Suzuki. Honda dinilai lebih menonjolkan desain daripada kualitas mesin dan rangka. Hal itulah yang membuat banyak masyarakat kecewa.

Setelah beberapa video mengenai rangka motor Honda yang patah di jalan, kini makin banyak video lain yang ingin membuktikan dengan cara membongkar mesin guna melihat kondisi mesin. Alhasil, mereka benar-benar dibuat terkejut, karena keadaannya sudah keropos meski baru digunakan beberapa bulan. Pihak Honda langsung memberikan tanggapan mengenai kejadian tersebut. Berikut tanggapan yang dilontarkan pihak Honda yang berisi penyebab rangka motor Honda bisa patah.

Tanggapan Pihak Honda

Tidak menyangkal, Pihak Honda yang diwakilkan oleh Octavianus Dwi Putro selaku Direktur Pemasaran AHM mengatakan bahwa masih belum bisa berbicara banyak mengenai rangka esaf patah.

Beliau mengatakan ada beberapa faktor rangka motor bisa patah. Banyak case yang mempegaruhinya. Makanya, pihaknya tidak bisa mengatakan banyak hal, case by case saja. Namun, jika ini memang murni kesalahan pabrik, maka pihaknya akan melakukan penggantian.

Hal serupa juga diucapkan oleh Senior Manager Corporate Communication PT Astra Honda Motor, Rina Listiani. Menurutnya, beberapa hal bisa menjadi faktor rangka esaf patah atau berkarat. Oleh sebab itu, pihaknya perlu mengecek kondisi motor secara langsung.

Selain itu, sebenarnya rangka patah bisa langsung dibawa ke AHASS (bengkel resmi motor Honda) untuk bisa di cek secara langsung penyebabnya. Biayanya bisa di-cover dengan garansi resmi yang masih berlaku.

Penyebab Rangka Patah

Ada beberapa faktor mengapa rangka esaf motor Honda bisa patah sebagai berikut:

1. Muatan beban yang berlebihan

Setiap motor memiliki kapasitas beban maksimal untuk pengguna. Jika melebihi batas, maka bisa menjadi indikasi rangka motor yang patah. Untuk itu, sesuaikan beban pengendara dengan kapasitas motor agar terhindar dari kejadian patah rangka.

2. Digunakan di daerah Pesisir

Air laut yang mengandung garam bisa memicu rangka patah. Air laut bisa menyebabkan korosi yang membuat rangka motor mengalami pengaratan. Bukan hanya motor Honda saja, motor jenis apapun bisa mengalami hal serupa.

3. Melewati jalnanan berlubang parah

Sering kali ketika sedang enak berkendara kita tidak menyadari ada lubang yang cukup besar. Alih-alih menghindar, kita mungkin bisa saja terlanjut melibas lubang tersebut karena menghindar dari kendaraan lain. Jika melibas lubang dengan kecepatan tinggi, maka bukan tidak mungkin rangka motor bisa patah.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *