Blog SiMotor

Tahukah kamu kalau ada subsidi motor listrik? Nilainya pun sangat fantastis untuk beberapa merek tertentu. Bahkan, kabarnya subsidi yang akan diberikan sekitar Rp 6,5 juta sampai Rp 8 juta.

Hal ini dilakukan untuk mewujudkan program pemerintah dalam konversi motor bensin ke listrik. Meskipun, sampai sekarang target jumlah pengguna motor listrik belum memenuhi harapan, tapi pemerintah terus berupaya dengan menggunakan beberapa cara, salah satunya adalah dengan program subsidi kendaraan listrik.

Namun, ternyata tidak semua merek motor listrik mendapatkan insentif atau subsidi. Hanya ada beberapa motor yang masuk ke dalam daftar motor listrik subsidi. Apa saja motor yang masuk ke dalam daftar tersebut? SiMotor akan menyuguhkan informasinya untuk kalian.

1. Gesits G1

Daftar motor listrik subsidi yang pertama adalah buatan anak bangsa yakni Gesits. Pada bulan April 2019 lalu Gesits resmi meluncur di salah satu ajang motor show.

Gesits menjadi salah satu motor listrik yang paling terkenal Di Indonesia. Meskipun tergolong motor listrik, tapi secara desain Gesits memang serupa dengan motor konvensional lainnya. Jadi, Gesits tergolong ke dalam motor listrik yang nyaman saat digunakan. Apalagi, pengisian Gesits G1 sendiri hanya menggunakan kabel karena bukan baterai tanam.

Harganya sendiri Rp 28 juta sebelum subsidi dan setelah subsidi harganya menjadi Rp 20 juta sampai Rp 21,5 juta.

2. Volta Virgo

Selain Gesits, Volta Virgo juga termasuk motor listrik yang akan memperoleh subsidi. Motor buatan Semarang, Jawa Tengah ini pertama kali di event IIMS (Indonesia Internasional Motor Show) pada 4 April 2019 lalu.

Secara desain sekilas Volta Virgo memiliki kemiripan dengan NIU Gova 03, tapi motor listrik ini sudah mendukung pengisian baterai yang bisa ditukar di pos swap point. Dalam segi harga Volta Virgo tergolong terjangkau yakni Rp 15,4 juta. Setelah subsidi harga Volta Virgo diperkirakan menjadi Rp 7,4 juta sampai Rp 8,9 juta.

3. United T1800

Motor yang satu ini mengusung gaya urban untuk membedakannya dengan motor listrik yang lain. United T1800 dibekali dengan 3 kecepatan, yakni 55 km/jam, 65 km/jam dan 70 km/jam.

Selain itu terdapat 2 cara pengisian baterai yang bisa kamu pilih. Pertama, kamu bisa melakukan pengisian tenaga secara langsung dengan memasukkan socket charger ke socket. Kedua, kamu juga bisa menukar bateraimu dengan baterai cadangan. Tenang saja, United T1800 memiliki bagasi yang cukup besar untuk menyimpan baterai cadangan.

Harga sebelum subsidi adalah Rp 27 juta, sedangkan setelah subsidi perkiraan harganya menjadi Rp 19 juta sampai 20,5 juta.

4. Alva One

Salah satu motor listrik yang tergolong paling mahal ini ikut masuk ke dalam daftar motor listrik subsidi. Motor bergaya urban ini juga merupakan salah satu motor listrik buatan dalam negeri.

Alva One perdana muncul pada ajang GIIAS tahun 2022 ini. Dibandingkan motor listrik lain, Alva One memiliki tenaga yang lebih besar. Baterai berkapasitas 60 V membuat motor ini bisa mencapai jarak hingga 70 km dengan kecepatan maksimum 90 km/jam.

Harga Alva One dibanderol dengan Rp 34,9 juta sebelum subsidi dan Rp 26,9 juta sampai Rp 28,4 juta setelah subsidi.

5. ECGO-2

Sama seperti motor lainnya, ECGO juga diproduksi oleh PT. Green Traffic yang berasal dari Indonesia. Jika kalian menginginkan motor listrik dengan harga murah, maka ECGO adalah jawabannya.

ECGO memiliki speedometer digital yang memberikan informasi terkait baterai dan odometer. Namun, tenaga yang ECGO miliki juga tergolong kecil dibanding motor listrik yang lain. Hal ini sesuai dengan harga yang mereka banderol untuk motor ini yakni Rp 6,5 juta sampai Rp 11 juta rupiah. Bayangkan setelah kalian mendapat harga subsidi? Sangat worth it bukan?


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *