Blog SiMotor

Jika kalian ingin membuka usaha cucian motor, maka informasi ini akan sangat berguna. Ada beberapa tips yang bisa kalian ikuti jika berniat membuka usaha cuci motor.

Sebelum membahas mengenai tips, pelajari lebih dahulu prospek usaha ini ke depan. Mengingat usaha ini sangat populer, maka jumlah kompetitor juga sangat diperhitungkan. Faktor kompetitor inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa dan dimana usaha cuci motor berjalan. Semakin banyak kompetitor, maka daya saing pun semakin meningkat.

Untuk mengatasi hal tersebut, kita harus memahami beberapa hal sebelum benar-benar memulai bisnis ini. Pastikan semua hal tersebut sudah kalian pikirkan dan siapkan sebelum terjun ke dalam dunia usaha.

Tips Sukses Usaha Cucian Motor

Sebagai referensi, berikut ini tips yang bisa kalian ikuti untuk membuka usaha cuci motor.

Siapkan Modal Usaha

Hal yang paling utama sebelum membuka usaha adalah memiliki modal. Khusus untuk usaha cuci motor, biaya yang dikeluarkan tidak terlalu besar. Kisaran budget yang harus kalian miliki adalah Rp 2,5 juta hingga Rp 14 juta.

Jika kalian berniat membuka usaha cuci motor hidrolik, maka kalian harus menyiapkan modal yang lebih banyak dibanding usaha cuci motor sederhana. Untuk hidrolik kisaran modal yang harus kalian siapkan adalah sebesar Rp 13,5 juta. Berbeda dengan cuci motor sederhana yang hanya membutuhkan modal sebesar Rp 2,5 juta saja.

Menentukan Lokasi yang Strategis

Hal yang wajib kalian pikirkan sebelum membuka usaha cuci motor selain modal adalah lokasi. Pemilihan lokasi yang strategis menjadi salah satu faktor kesuksesan usaha.

Pastikan bahwa tempat yang kalian pilih cukup membuat nyaman para pelanggan. Jangan lupakan untuk menghitung jarak kompetitor yang sudah memulai usaha lebih dulu. Selain itu, lingkungan yang ramai akan berpengaruh terhadap unit usaha, tak terkecuali usaha cucian motor.

Siapkan Peralatan yang Dibutuhkan

Ibarat sebelum berperang, peralatan menjadi senjata paling utama. Pilihlah peralatan yang mumpuni, mulai dari alat steam, spons, semir, cairan pembersih dan kain lap. Untuk membuka usaha cuci motor sederhana, peralatan tersebut dinilai cukup. Namun, bila kalian hendak membuka cuci motor hidrolik, maka kalian masih harus membutuhkan mesin cuci salju dan sistem hidrolik.

Kalian bisa mendatangi toko-toko yang menyediakan semua peralatan yang dibutuhkan. Pilihlah peralatan dengan kualitas bagus untuk bertahan lebih lama.

Strategi Pemasaran yang Baik

Bisnis atau usaha erat kaitannya dengan pemasaran. Pikirkan cara terbaik untuk kalian mempromosikan usaha kalian, baik itu secara konvensional maupun digital.

Gunakan media sosial untuk mengajak orang datang ke tempat kalian. Buatlah beberapa postingan di media sosial yang kalian miliki. Selain itu, berikan pelanggan promosi menarik seperti jasa gratis.

Carikan Karyawan yang Fasih

Hal terakhir yang juga harus kalian pikirkan tentu mencari karyawan. Jika usaha kalian mulai ramai dan kalian sulit untuk menangani sendiri, maka sudah seharusnya kalian merekrut karyawan yang mengerti steam motor.

Selain dalam segi skill, sikap ramah dalam melayani pelanggan harus menjadi nilai utama.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *