Blog SiMotor

Dunia Sportbike kini gempar dengan kemunculan Ducati Panigale V4 R 2023 yang memiliki rangkaian teknologi MotoGP. Sudah pasti motor sport ini memiliki kapasitas tenaga yang besar, kabarnya sampai 240,5 dk.

Minggu kedua bulan Januari ini Ducati Panigale V4 R 2023 menempati peringkat pertama untuk pencarian motor sport. Di luar negeri motor sport Ducati ini benar-benar berhasil menarik minat pecinta otomotif. Meskipun, antusiasme ini tidak bersambung di Indonesia.

Mungkin, harga menjadi faktor utama kenapa di Indonesia motor ini tidak menjadi sebuah trending topik. Maklum, hanya kalangan elit saja yang mampu membeli motor berteknologi MotoGP ini. Semahal itukah?

Benar, bahkan harga sebuah Panigale V4 R 2023 tipe terendahnya sebanding dengan satu unit mobil Mercedez-Benz A 200. Lalu, apakah yang membuat motor ini dibanderol harga tinggi? Simak ulasannya berikut ini.

Spesifikasi dan Harga Ducati Panigale V4 R 2023

Memiliki teknologi MotoGP, V4 R merupakan motor yang digunakan di ajang balap motor World Superbike yang kini dijual secara massal. Tenaga sebesar 240,5 dk berasal dari komponen connecting rod yang berbahan titanium dan piston DLC (Diamond Like Carbon) yang sama dengan motor-motor di ajang MotoGP.

Dalam kondisi normal saja motor ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 218 dk/15.500 rpm dan tenaga maksimal mencapai 240,5 dk. Jadi, pengguna bisa memilih untuk berkendara mode low atau full tenaga.

Selain itu, motor Panigale V4 R menggunakan mesin yang mumpini, yakni Desmosedici Stradale 90 derajat V4 998 CC. Meskipun suspensi depannya masih menggunakan model Upside Down (USD) jenis Ohlins NPX25/30, tapi suspensi belakangnya menggunakan monoshock Ohlins TTX36.

Untuk suspensinya, motor super ini menggunakan bahan magnesium berukuran 17 inci dibalut ban depan PirelliDiablo Supercorsa SP ukuran 120/70 ZR17, sementara untuk ban belakangnya 200/60 ZR17. Sementara velgnya menggunakan bahan dan ukuran yang sama pula.

Spesifikanya memang tergolong mumpuni tentu harganya juga tak main-main. Ada dua tipe untuk Panigale V4 R ini, yakni standart dan racing. Untuk tipe terendahnya standart, Panigale V4 R 2023 dibanderol seharga Rp 799 juta, sedangkan untuk tipe racing dibanderol dengan harga Rp 1,5 Miliar. Bagaimana menurut pendapat kalian? Tertarik untuk membeli Panigale V4 R? Jangan sampai bikin cewek kalian pingsan ya, sob!


Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *