Blog SiMotor

Baru beli motor istrik dan pengen langsung pakai buat mudik? Ada tips khusus mudik pakai motor listrik loh. Karena motor listrik sangat berbeda dengan motor bensin, maka ada beberapa hal yang harus kalian pahami kalau ingin mudik pakai motor listrik.

Menggunakan motor listrik memang sangat nyaman, tapi ada risiko-risiko di jalan yang perlu kalian antisipasi agar mudik lancar sampai ke kampung halaman. Untuk itu SiMotor sudah menyiapkan tips mudik menggunakan motor listrik. Berikut ulasan selengkapnya.

Sesuaikan Jarak

Yang membedakan motor listrik dengan motor bensin salah satunya adalah masalah jarak tempuh. mengingat cara merawat motor listrik dan motor bensin juga sangat berbeda. Jika motor bensin bisa digunakan untuk jarak jauh tak terbatas, maka berbeda dengan motor listrik yang harus menyesuaikan dengan kemampuan motor.

Rata-rata jarak motor listrik adalah 50-60 km, artinya tergolong dekat. Untuk yang terbiasa mudik Jakarta-Semarang atau Jakarta-Surabaya tentu menggunakan motor listrik harus dipikirkan ulang. Stasiun penukaran baterai motor listrik masih belum merata seluruh wilayah Indonesia.

Siapkan Baterai Cadangan

Meskipun mudik dengan motor listrik terkendala jarak, tapi banyak motor listrik yang memiliki baterai cadangan. Fungsi baterai cadangan ini akan membantu saat baterai utama motor listrik kalian habis dan posisi kalian jauh dari tempat pengisian. Jadi, sebenarnya kalian masih bisa mudik menggunakan motor listrik.

Jangan lupa untuk mengisi ulang baterai cadangan kalian ke stasiun pengisian baterai agar jika kondisi baterai utama kalian habis, baterai cadangan bisa langsung segera terpasang.

Sesuaikan Maksimal Kecepatan

Kebanyakan dari kita yang hendak mudik ke kampung halaman selalu memikirkan bagaimana caranya agar cepat sampai tujuan. Hal inilah yang menyebabkan banyak kecelakaan terjadi karena terburu-buru dalam mengendarai sepeda motor.

Apalagi, motor listrik memiliki keterbatasan dalam masalah kecepatan. Motor listrik memiliki kecepatan maksimal rata-rata di angka 60-70 km/jam. Jadi, bagi kalian yang senang mengebut di jalan, maka SiMotor tidak merekomendasikan untuk menggunakan motor listrik.

Cek Kondisi Motor

Hal berikutnya yang juga harus kalian perhatikan jika hendak mudik menggunakan motor listrik adalah mengecek kondisi motor listrik, mulai dari ban, roda sampai busi.

Mengecek kondisi motor sebelum mudik ini tidak boleh kalian lewatkan. Jangan sampai terjadi kendala motor mogok di tengah perjalanan karena kalian lupa mengecek kondisi motor sebelum berangkat. Pastikan rem kalian masih baik dan tidak ada masalah apapun terhadap motor kalian. Apabila kalian masih kurang yakin, membawa motor ke bengkel untuk sekedar mengecek kondisi motor juga bukan ide yang buruk.


1 Comment

Heriyanto · April 29, 2023 at 8:22 am

Baik

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *