Blog SiMotor

Sepeda motor masih jadi kendaraan favorit khususnya di negara +62 karena lebih cepat dan hemat. Maka dari itu, tingkat pembelian motor kerap meningkat setiap tahunnya.

Banyak pertimbangan yang dipikirkan ketika ingin membeli motor, baik itu motor baru atau motor bekas. Tapi asal ada duitnya mah mau beli motor baru atau bekas pun gas aja. HEHE

SiMotor ingin memberikan tips buat sobar motor yang mau beli motor baik motor baru ataupun bekas biar nantinya ngga bermasalah. Ini tipsnya:

  1. Pilihlah dealer resmi

Kalau kamu ingin beli motor baru, usahakan pilih dealer resmi. Meskipun dealer ngga resmi itu ngga selamanya buruk, tapi pasti ada aja yang ngga ikutin SOP. Di dealer resmi, keamanan dari dokumen yang kamu miliki lebih terjamin serta motor yang akan didapatkan juga pasti baru.

  1. Pastikan dealer mudah dihubungi

Pastikan dealer yang kamu pilih itu mudah dihubungi dan memberikan pelayanan dengan cepat. Hal ini biar pas kamu mengalami hal-hal yang ngga diinginkan, bisa langsung dikomunikasikan dengan cepat.

  1. Tanyakan pelayanan ekstra

Tanyakan juga apakah dealer tersebut ada pelayanan pengantaran dokumen, seperti BPKB dan STNK. Pelayanan-pelayanan seperti itu biasa ditawarkan tapi ada juga yang ngga menawarkan pelayanan tersebut. Maka dari itu, tanyakan pelayanan apa aja yang bisa kamu dapatkan ketika kamu beli motor baru di dealer tersebut

  1. Pastikan dealer memiliki bengkel resmi atau ngga

Pastikan dealer motor kamu punya bengkel resmi, jadi kalau motor kamu rusak, kamu bisa langsung servis di bengkel resmi dengan mudah. Biasanya bengkel resmi akan memberikan pelayanan yang cepat dan terjamin.

  1. Lihat review

Kamu bisa melihat review dari orang lain yang sudah pernah beli motor di dealer resmi tersebut. Kredibilitas dealer dari tanggapan orang lain bisa yakinin kamu buat beli motor di dealer tersebut atau di tempat lain.

  1. Perhatikan harga

Perhatikan biaya lain-lain yang ada di brosur. Pastikan juga bonus apa yang bakalan kamu dapetin ketika beli motor di dealer tersebut.

  1. Pikirkan biaya lainnya

Banyak printilan lainnya yang harus dibeli ketika kamu beli motor, seperti jaket motor, helm, sarung tangan, dan perlengkapan lainnya.

  1. Cek kondisi fisik motor

Kamu bisa melakukan cek kondisi fisik motor dan seluruh partnya sebelum melakukan pembelian. Hal ini dilakukan untuk mengetahui kondisi mesin dan cobalah untuk meminta izin melakukan test drive untuk menguji performa dan kenyamanan motor tersebut

  1. Pahami cara pembayaran

Kamu perlu perhatikan cara pembayaran motor di dealer tersebut, apakah harus cash atau bisa transfer dari bank. Jangan lupa untuk meminta kwitansi pembayaran yang sah yang ada kop surat disertai cap resmi dari dealer tersebut.

Namun, pikirkan juga tips berikut kalau sobat motor mau beli motor bekas!

  1. Sesuaikan dengan kebutuhan

Sesuaikan kebutuhan kamu dengan motor yang ingin dibeli. Model motor apa yang akan dibeli bisa mempengaruhi kenyamanan kamu juga. 

  1. Periksa bagian speedometer

Periksalah bagian speedometer dan pasikan ngga ada keretakan atau bekas dibongkar. Jangan lupa untuk memeriksa berapa jarak yang sudah ditempuh. Biasanya, kalau jarak tempuh di atas 20.000 KM bisa dipastikan butuh biaya cukup banyak untuk persiapan penggantian suku cadang dan komponen lainnya.

  1. Lihat nomor dan rangka mesin

Jangan lupa periksa nomor rangka serta mesin dari motor tersebut. Kamu bisa menyesuaikan nomor rangka dan nomor mesin yang tertera di STNK atau BPKB.

  1. Kenali harga pasaran motor terbaru

Penting banget buat tau harga pasaran motor baru dan bekas supaya ngga dicurangin sama penjual motor. Kalau harga motor bekas yang ditawarin ngga terlalu jauh dengan harga barunya, kamu akan rugi. Apalagi setiap tipe motor harganya berbeda-beda sesuai dengan kondisi. Makanya, ketahui harga pasaran motor dari teman ataupun internet itu penting banget.

  1. Jangan buru-buru membayar

Hindari memberikan uang muka ke pengiklan tanpa mengecek motornya terlebih dahulu. Jangan terima alasan apapun yang ditawarkan penjual biar kamu ngasih DP.

  1. Pilih penjual motor yang jujur

Harus banget selektif dalam memilih penjual. Carilah penjual yang terpercaya dan jujur, karena banyak kasus yang terjadi penjual yang tujuannya adalah menipu konsumen. 

  1. Periksa surat kendaraan

Pada saat mengecek fisik motor, jangan lupa untuk mengecek surat-surat kendaraan, seperti STNK dan BPKB. Melalui BPKB, kamu bisa tau apakah kendaraan ini sering diperjualbelikan atau dari tangan pertama.

Itu tips untuk buat sobat motor yang mau beli motor baru ataupun bekas. Jangan sampai kena tipu dan tetap berhati-hati yah!


1 Comment

Des adonis · January 5, 2024 at 6:10 pm

Goods

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *